Mengenal Sayuran Asparagus, Dari Ciri Hingga Manfaatnya

oleh -203 views
asparagus-700124__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang tumbuh secara liar pada wilayah iklim tropis. Biasanya sayuran tersebut dapat mudah dijumpai pada perkebunan, hutan, bahkan semak belukar.

Tanaman dengan nama Ilmiah Asparagus Officianalis ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Genus Asparagus. Spesiesnya kini cukup populer keberadaannya ditengah kalangan masyarakat sebagai salah satu jenis sayuran.

Secara morfologi, sayuran asparagus ini memiliki ciri-ciri pada batangnya yang menumbuhkan rebung, adapun batang tersebut memiliki bentuk cenderung memanjang dengan ukuran yang berkisar antara 1 meter. Biasanya batang asparagus ini memiliki tekstur empuk jika sudah cukup tua, sedangkan yang masih muda batangnya memiliki tekstur lebih keras daripada biasanya.

Baca Juga :   Demam Tanaman Keladi Yang Viral Di Medsos Dengan Harga Bombastis

Selain itu, daun dari tanaman sayur asparagus ini memiliki bentuk cenderung mirip seperti jarum, biasanya daun ini memiliki ukuran yang berkisar antara 1 hingga 2 cm. Adapun disela-sela daun itu terdapat buah asparagus berbentuk bulat dengan diameternya berkisar 0,5 cm, biasanya warna buah tersebut memiliki warna hijau cenderung cerah.

Sementara itu, sayuran asparagus ini mengandung beberapa senyawa nutrisi baik vitamin maupun mineral seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin K, tannin, saponin, asam folat, zat besi, hingga senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi.

Baca Juga :   Demam Berkebun? Siapkan Alat Ini Untuk Berkebun Di Rumah

Lebih lanjut, dari kandungan tersebut menjadikan asparagus ini disinyalir memiliki manfaat untuk kesehatan yang dimulai dari melancarkan saluran pencernaan hingga menyembuhkan beberapa penyakit kronis dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.