Lomba Kicau Bupati Cup, Cara Jepara Dongkrak Ekonomi dan Sektor Wisata

oleh -8 views
Para peserta lomba burung kicau di Pantai Kartini Jepara
Para peserta lomba burung kicau di Pantai Kartini Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023). (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Sebanyak ratusan pecinta burung kicau hadir untuk meramaikan lomba yang memperebutkan Piala Bupati Cup. Kegiatan itu dilaksanakan di Pantai Kartini Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023).

Ketua Panitia Lomba, Najamudin Eka Sasmaka menjelaskan, adapun burung yang dilombakan pada kontes ini meliputi Murai Batu, Cucak Hijau, Anis Kembang, Kacer, Cendet, Kenari, Sogon dan Lover Bird.

“Peserta tidak hanya datang dari Jepara saja, tetapi juga datang dari luar kota dalam event kali ini,” ujarnya.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili oleh Assisten 1 Sekda Jepara Ratib Zaeni menuturkan, diselenggarakannya Piala Bupati Cup bertujuan untuk promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Jepara dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :   Garam Tunnel Tlogopragoto, Atraksi Wisata Baru di Kebumen

“Ini merupakan ajang promosi wisata yang ada di Kabupaten Jepara,” ucap Ratib.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan semacam ini dapat membantu berkembangnya ekonomi kreatif baru di masyarakat, karena hobi burung kicau merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif berbasis hobi yang memiliki turunan ekonomi yang luar biasa.

Ratib Zaeni berharap, dengan adanya kontes semacam ini nantinya akan mengangkat wisata Jepara dikenal luas, mengingat peserta yang ikut banyak dari luar daerah.

Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza menambahkan, lomba burung kicau Piala Bupati Cup Jepara tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Baca Juga :   Destinasi Wisata Mangrove Berkelas Kini Hadir di Singkawang

Selain sebagai ajang silaturahmi bagi pecinta burung kicau yang ada di Kabupaten Jepara juga sebagai pendorong motivasi para kicau mania Jepara untuk menghasilkan burung kicauan yang bagus.

“Lomba burung pada tahun ini semakin meningkat, karena di ikuti dari berbagai kota antara lain Surabaya, Yogyakarta, Solo, Kudus, Pati, Demak, Semarang,” imbuh Zamroni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.