Komisi VIII Sebut Hujan Buatan, Bikin Petani Buah Gagal Panen

oleh -7 views
Anggota_Komisi_VIII_DPR_RI_Syaifullah_Tamliha_dalam_Rapat_Kerja_dengan_Kepala_BNPB_di_Gedung_Parleme20240401203518
Anggota Komisi VIII DPR RI, Foto : Eno/Andri

Panennews.com – Langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat hujan buatan untuk memadamkan kebakaran hutan (karhutla) beberapa waktu lalu.

Adapun hal itu jadi berdampak bagi petani buah di Kalimantan. Hal ini diakibatkan penyemaian garam yang membuat tanaman menjadi layu.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha dalam Rapat Kerja dengan Kepala BNPB di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (01/04/2024).

Lebih lanjut, akibat kelayuan tersebut biasanya hingga menyebabkan petani gagal panen. Terutama pada wilayah Kalimantan hingga wilayah hutan di sejumlah daerah Indonesia.

Baca Juga :   Bikin Hijau IKN, Persemaian Mentawir Hasilkan Bibit Tanaman Berkualitas

“Hujan buatan membuat petani buah banyak yang gagal panen terutama di wilayah Kalimantan, akibat karena kelayuan dari penyemaian garam itu” tuturnya.

Selain itu, Politisi PPP ini juga menjelaskan, hujan buatan membuat kandungan tanah menjadi asin. BNPB harus mecari alternatif lain jika terjadi karhutla agar petani buah tidak semakin rugi.

“Jika dilihat dampaknya para petani itu rugi besar, apalagi jika sedang musim panen,” sebutnya.

Lebih jauh, Syaifulla menambahkan kondisi tersebut diperparah dengan datangnya musim hujan saat ini. Apalagi, intensitas hujan saat ini terbilang masih tinggi.

Baca Juga :   Manfaatkan Lahan Kosong, Pemkot Jaktim Tanam Ribuan Pohon Di Kolong Tol

“Sudah musim panas terjadi karhutla diperburuk dengan hujan buatan. Sedangkan saat ini musim hujan petani juga semakin kesulitan banyak yang gagal panen,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.