Kacang Panjang, Tanaman Sayur Favorit Banyak Orang

oleh -5 views
Kacang Panjang
Foto : Pixabay

Panennews.com – Siapa yang tak mengenal kacang panjang? Salah satu jenis sayuran ini adalah sayuran yang cukup sering ditemukan dalam berbagai olahan masakan Indonesia. Teksturnya yang renyah saat dimakan mentah membuat kacang ini juga sering dijadikan pendamping atau lalapan.

Kacang panjang ini memiliki nama latin Vigna unguiculata sesquipedalis adalah jenis tanaman rambat. Tanaman ini tumbuh dengan cara melilit atau memanjat. Bagian dari tanaman ini yang bisa dikonsumsi adalah bagian buahnya.

Buah dari tanaman kacang panjang ini berbentuk panjang dengan tekstur renyah saat masih mentah, serta terdapat serat-serat lunak. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang panas. Umumnya banyak ditemukan di kawasan Asia. Tempat tumbuh paling baik adalah di kawasan dataran rendah.

Baca Juga :   Kemang, Buah Mangga Khas Jakarta Selatan

Tanaman merambat ini adalah jenis tanaman semusim dengan tinggi pohon mencapai 2.5m. Masa panen tanaman ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu panen polong muda dan panen polong tua. Panen polong muda dilakukan pada tipe kacang merambat. Panen dilakukan setelah umurnya mencapai 3.5 sampai 4 bulan.

Sedangkan panen polong tua dilakukan pada tipe kacang tegak, seperti misalnya kacang tinggak. Panen dilakukan setelah tanaman sudah mencapai usia 3 hingga 3.5 bulan. Karena bisa tumbuh dimana saja, tidak ada daerah spesifik yang menghasilkan jenis tanaman ini. Tanaman ini bisa tumbuh di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Langkah Mudah Tanam Cabe Keriting yang Baik dan Benar

Tanaman kacang panjang merupakan jenis tanaman sayur yang banyak diminati. Olahan yang dihasilkan dari tanaman ini pun beragam. Tanaman ini juga bisa tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia.

Komentar