Daun Beluntas, Tumbuhan Yang Menangkal Radikal Bebas

oleh -341 views
istockphoto-1477488302-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Daun beluntas merupakan salah satu jenis tumbuhan semak yang tumbuh secara liar. Biasanya daun tersebut dapat mudah dijumpai pada pekarangan rumah, pinggir-pinggir jalan dengan sifatnya yang merambat.

Daun dengan nama Ilmiah Pluchea Indica L ini masih termasuk ke dalam suku famili dari suku Asteraceae. Adapun jenis daun ini banyak dikenal oleh sebagian masyarakat dengan sebutan tumbuhan obat tradisional.

Secara morfologi, tumbuhan beluntas ini tumbuh secara perdu bersemak dengan percabangannya yang cukup banyak, biasanya tumbuhan tersebut memiliki ketinggian hingga mencapai kisaran antara 1 – 2 meter. Adapun batang dari tumbuhan ini berwarna coklat cenderung hijau gelap, biasanya batang tersebut memiliki permukaan depan yang kasar.

Baca Juga :   Perdana, Sirup Fruktosa Jagung Asal Cilegon Diekspor ke Vietnam

Selain itu, tumbuhan ini juga dilengkapi oleh daun yang disebut daun beluntas, daun ini memiliki bentuk oval, elips, hingga bulat telur dengan pangkal daun runcing dan tepi daun bergerigi. Adapun warna daun tersebut berwarna hijau terang, biasanya daun tersebut juga memiliki ukuran 3 cm.

Sementara itu, daun beluntas ini biasanya banyak digunakan oleh kalangan masyarakat sebagai alternatif pengobatan tradisional. Pasalnya, daun ini memiliki kandungan senyawa yang cukup bermanfaat bagi kesehatan seperti tannin, saponnin, serat, dan juga antioksidan dalam jumlah yang tinggi.

Baca Juga :   Ini Dia Jus yang Paling Banyak Seratnya, Mana Kesukaanmu ?

Lebih jauh, dari kandungan tersebut menjadikan daun beluntas ini banyak dikenal sebagai daun yang memiliki manfaat sebagai pengusir atau penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.