Kunjungi Merapi Farm, Utusan Jokowi: Peternak Jadi Ujung Tombak Ketahanan Pangan

oleh -398 views
merapi farm
Utusan Presiden Bidang Ketahanan Pangan, Mardiono, saat mengunjungi Merapi Farm, Sleman. (Panennews.com/ Hernawan)

Panennews.com – Untuk memastikan upaya ketahanan pangan di masyarakat, Utusan Khusus Presiden Bidang Kerjasama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono, melakukan kunjungan ke Merapi Farm, Kabupaten Sleman, Kamis (29/12/2022).

Merapi Farm yang merupakan salah satu sentra peternakan kambing dan sapi di Sleman. Mardiono menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo menugaskan dirinya untuk mengetahui secara langsung upaya ketahanan pangan.

“Saya diberi tugas khusus oleh Bapak Presiden Jokowi untuk turun ke lapangan melihat secara langsung kondisi di lapangan seperti apa, khususnya di bidang peternakan,” jelasnya.

Baca Juga :   Ini 3 Manfaat Memelihara Hamster Yang Jarang Diketahui

Menurutnya, peternak memegang peran penting dalam ketahanan pangan. “Peternak ini merupakan ujung tombang ketahanan pangan di masyarakat. Khususnya untuk ketersediaan daging, di mana kita masih sering mengandalkan impor daging. Maka sektor peternakan ini menjadi fokus,” kata dia.

Ia meyatakan, berbagai temuan di lapangan akan menjadi masukan pemerintah. Salah satu yang terungkap dari peternak dalam kunjungan ini adalah stok pakan untuk ternak, keterbatasan lahan peternakan, dan kendala jumlah bibit dan genetik.

“Kami ingin mendengar langsung seperti apa kondisinya sehingga bisa kami sampaikan dan akan menjadi pertimbangan Pemerintah dalam menentukan kebijakan,” katanya.

Baca Juga :   Ekspor Produk Pangan, Plt Mentan Sebut Indonesia Bisa Jadi Produsen Pangan Dunia

Adapun Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, yang mendampingi kunjungan ini, menyampaikan sektor peternakan di Kabupaten Sleman merupakan sektor yang cukup potensial. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan pertumbuhan PDB sektor pertanian yang sangat signifikan.

Ia menambahkan, produksi ternak Sleman terus meningkat. Pemkab Sleman telah melakukan berbagai upaya di antaranya peningkatan kapasitas SDM peternak tentang agribisnis peternakan, pelayanan kesehatan dewan, dan bantuan bibit ternak.

“Juga upaya pemberian sarana prasarana penyediaan air minum dan bantuan peralatan pembuatan pakan ruminansia,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.