Mengenal Ayam Pelung, Produk Lokal nan Menawan

oleh -18 views
Ayam Pelung
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Satu lagi jenis ayam lokal yang menjanjikan keindahan. Ayam tersebut dikenal dengan nama ayam pelung. Persebaran ayam jenis ini sudah sangat merata di seluruh Indonesia meski daerah asalnya merupakan asli Trah Cianjur.

Bentuk tubuh ayam lokal ini berbeda dari jenis lain. Tampilannya begitu gagah dengan badan besar dan juga panjang. Bobotnya pun dapat mencapai 3 kg dengan tinggi 30-40 cm. Tak ayal tampilannya terlihat kokoh mempesona.

Selain memiliki bentuk tubuh gahar. Ciri utama ayam pelung dapat dilihat dari suara merdu panjang yang mampu dihasilkan. Tampilan yang gahar juga ditambah dengan cakar panjang, pial besar serta jengger berwarna merah dan tunggal.

Bila Anda ingin beternak ayam jenis ini tidaklah susah. Perawatan dapat disesuaikan dengan jenis ayam lain. Namun, jika ingin mendapat kualitas berkokok yang tinggi ada baiknya selalu menjaga kenyamanan ayam tersebut. Bisa dengan cara menjaga kualitas pakan maupun kebersihan kandang.

Ayam jenis ini merupakan produk asli Indonesia. Tepatnya di kota Cianjur dipercaya yang pertama ditemukan. Dengan segala keistimewaan yang dimiliki tak ayal ayam jenis ini sudah tersebar di berbagai macam tempat di Nusantara.

Mengenai nama pelung itu sendiri memiliki arti yang melambangkan bunyinya yang melengkung. Hal itu sesuai dengan bunyi ayam jenis ini. Lagi pula lehernya yang panjang membuat suara atau kokokan pada ayam ini terlihat makin mempesona.