Panen Raya Dan Ekspor Buah Mangga, Mendag : Komoditas Hortikultura Berpotensi Jadi Sumber Devisa

oleh -98 views
SCtTO4bx_album_image
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan, Kementerian Perdagangan terus mendorong pengembangan ekspor komoditas buah mangga Indonesia secara masif. Langkah ini selain selaras dengan program ekspor mangga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk mendunia, sekaligus untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Penegasan tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan dalam acara panen raya dan ekspor perdana mangga Indramayu di Desa Mangunjaya, Indramayu, Jawa Barat pada Kamis (13/10/2022). Turut hadir pada acara ini Bupati Indramayu Nina Agustina. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan.

“Komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan seperti mangga memiliki potensi besar menambah pundi- pundi devisa negara dan menjadi andalan untuk dipasarkan guna memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Pascapandemi Covid-19, masyarakat seluruh dunia mulai menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga stamina dengan mengkonsumsi buah yang sarat dengan kandungan vitamin,”. Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) ekspor mangga dari Indonesia ke dunia pada 2021 tercatat sebesar USD 4,56 juta dengan jumlah 3.112 ton. Indonesia berada pada posisi ke-21 dari urutan negara pengekspor mangga di dunia dengan negara tujuan ekspor di antaranya Singapura USD 1,18 juta, Kanada USD 0,76 juta, Amerika Serikat USD 0,63 juta, dan Vietnam USD 0,6 juta.

Baca Juga :   Sirih Merah, Dengan Karakternya Tanaman Obat

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga menambahkan, dengan mengonsumsi buah dalam negeri, masyarakat dapat memperoleh manfaat langsung, antara lain kebutuhan vitamin yang terpenuhi, dan meningkatkan petani buah lokal.

“Kualitas komoditas buah-buahan nusantara kini tidak kalah dengan kualitas buah impor. Harapan ke depannya yaitu terjadinya peningkatan produksi buah yang sejalan dengan peningkatan konsumsi buah masyarakat. Situasi itu akan mendorong petani lebih semangat berbudidaya, dan juga akan dapat meningkatkan pendapatannya dengan memproduksi buah sesuai kebutuhan masyarakat,”. Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Adapun Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Gabungan Kelompok Karya Tani Bakti atas suksesnya kegiatan ekspor. Menurutnya, jumlah produksi mangga di Indonesia cukup tinggi dan berada di urutan ketiga kategori produksi tanaman buah terbanyak setelah pisang dan nanas.

“Jumlah produksi mangga di Indonesia mencapai 2,8 juta ton lebih pada tahun 2021 yang sebagian besar dipasarkan di dalam negeri dan juga diekspor. Produksi mangga provinsi Jawa Barat sendiri mencapai 444 ribu ton dan menempati 3 posisi ketiga setelah Jawa Timur sebesar 1,1 juta ton disusul Jawa Tengah sebesar 457 ton pada tahun 2021,”. Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Ketahui Lebih Jauh 3 Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Sementara itu, Pada acara tersebut Mendag Zulkifli Hasan juga berdiskusi dengan perwakilan kelompok petani mangga dan membeli 1 ton mangga dengan harga di atas harga pasar. Perwakilan petani mengungkapkan, terdapat beragam mangga yang ditanam di perkebunan mangga milik Kelompok Petani Karya Tani Bakti, Desa Mangunjaya. Diantara mangga gedong gincu, mangga harum manis, mangga cengkir, dan mangga agrimania.

Lebih jauh, Para petani mangga juga mengemukakan, permintaan buah mangga untuk pesanan ekspor juga terus meningkat. Bahkan untuk jenis mangga agrimania, jenis mangga termahal di Indonesia yang mampu menembus pasar Eropa.

Adapun petani mengemukakan berbagai tantangan dalam budidaya mangga, di antaranya biaya produksi mahal dan terjadi penurunan harga saat panen. Untuk mengatasi hal tersebut, Mendag Zulkifli Hasan menyarankan agar petani dapat bekerja sama dengan perbankan dan melakukan pemasaran secara digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.