Sirih Merah, Dengan Karakternya Tanaman Obat

oleh -290 views
sirih-merah-piper-ornatum-is-species-plant-family-piperaceae-close-up-selective-focus-with-blurred-background_358675-579
Foto : Freepik

Panennews.com – Sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman obat potensial yang diketahui secara empiris mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Sirih merah biasanya tumbuh merambat di pagar dan pohon.

Tanaman sirih merah yang mempunyai nama Ilmiah Piper Croacatum Rulz & Pav ini biasanya dapat dipelihara sebagai tanaman hias di pekarangan rumah maupun dalam rumah, selain manfaat menyembuhkan penyakit sirih merah pun bermanfaat untuk dijadikan sebagai hiasan.

Ciri khas dari tanaman tersebut yaitu berbatang cenderung bulat, dengan batang berwarna hijau ke unguan dan tidak berbunga. Daunnya pun bertangkai membentuk jantung dengan bagian ujung daun yang begitu meruncing, sementara permukaan daunnya dinilai begitu mengkilap, berasa pahit, dan beraroma daun sirih tentunya.

Baca Juga :   Jahe Merah, Rempah Nusantara Yang Kaya Akan Manfaat

Daun sirih mempunyai aroma yang khas karena daun tersebut banyak mengandung minyak atsiri 1 – 2 persen, air, protein, kalsium, fosfor, dan beberapa macam vitamin mineral lainnya. Selain itu, sirih merah pun mengandung alkaloid, saponin, bahkan tannin. Demikianlah yang menjadikan sirih merah kerap dijadikan obat herbal untuk mengobati sejumlah penyakit.

Biasanya jika digunakan sebagai penyembuh atau penawar penyakit, sirih merah pun dapat diolah terlebih dahulu dengan cara merebusnya hingga mendidih lalu setelah itu peras hingga menghasilkan sarinya berupa air dan dapat diminum dengan hangat secara terus menerus sesuai kebutuhan. Adapun untuk mengkonsumsi ini dilakukan secara teratur atau pun mengikuti pola kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.