Kecemcem, Kedondong Hutan Tropis Berkhasiat

oleh -486 views
The kedondong fruit is ripe and ready to be picked.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kecemcem merupakan salah satu tanaman tinggi yang terdapat pada hutan-hutan tropis. Tanaman ini biasanya banyak ditemukan pada Pulau Dewata daerah Bali dengan bentuknya yang cenderung indah.

Kecemcem tersebut memiliki nama Ilmiah Spondias Pinnata ini masih tergolong famili dari buah buni. Oleh kebanyakan orang mengenal buah ini dengan sebutan kedondong hutan.

Secara morfologi, tanaman kecemcem dapat tumbuh tinggi dengan ukuran tinggi yang berkisar antara 20 meter dengan batangnya yang tegak lurus, bulat, dan permukaan batangnya cenderung halus. Adapun batang tersebut mempunyai warna putih cenderung abu pada permukaannya, biasanya batang ini juga memiliki percabangan lebih dari 2 cabang.

Baca Juga :   Mentaos, Jenis Pohon Besar Hutan Tropis

Selain itu, tanaman ini juga terdapat daun berwarna hijau yang bersifat daun majemuk, bentuk dari daun tersebut cenderung lonjong. Biasanya daun tersebut terdapat pada batang cabang-cabang dalam jumlah yang ganjil, adapun daun ini juga terdapat permukaan halus pada bagian atas daun. Lebih jauh, daunnya tergolong memiliki khasiat.

Sementara itu, tanaman hutan ini memiliki buah yang berbentuk lonjong dengan ukuran 5 cm, biasanya buah tersebut dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan buah kedondong hutan. Adapun daun dan buahnya dinilai mengandung senyawa saponin, tannin, antioksidan, flavonoids, dan juga antimikroba. Dari kandungan senyawa tersebut, banyak orang mempercayai kedondong hutan ini tergolong berkhasiat bagi kesehatan, biasanya kedondong tersebut dapat diolah menjadi campuran jamu-jamu dan obat-obat tradisional karena kandungannya yang dinilai berkhasiat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.