Agar Ayam Petelur Tetap Sehat, Ketahui Tips Mudah Merawatnya

oleh -331 views
Ilutrasi Peternakan Ayam
Foto : Getty Images

Panennews.com – Dalam memelihara ayam petelur saat ini memang sangat populer dan tengah menjadi tren diberbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, ayam petelur ini tergolong sangat bermanfaat yang dimulai dari daging dan telurnya bisa dikonsumsi.

Lazimnya, bagi kebanyakan orang dalam memelihara ayam tersebut tentu menginginkan ayam itu tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan jenis penyakit. Namun, untuk menuju pada hal tersebut, dibutuhkannya beberapa tips harus diketahui, adapun tips tersebut diantaranya.

Beri Pakan Teratur

Tips agar ayam tetap sehat yaitu dengan memberinya pakan secara teratur, biasanya ayam diberikan pakan dalam jangka waktu sehari 3 kali yaitu pagi, siang, dan malam. Material pakan pun harus bernutrisi seimbang yang dinilai mampu mencukupi gizi ayam tersebut. Selain itu, pakan juga harus bervitamin untuk menjaga kondisi ayam agar tetap vit, tentunya berdampak baik untuk kesehatannya.

Baca Juga :   Dinyatakan Sehat, Ribuan Kambing Siap Pasok Kebutuhan Di Sulsel

Mandi Secara Teratur

Agar tubuh ayam tetap segar dan sehat maka ayam tersebut harus dimandikan secara teratur, biasanya ayam dimandikan dalam jangka waktu dua minggu sekali. Selain itu, setelah ayam dimandikan juga ayam harus terkena paparan sinar matahari secara langsung, untuk menutrisi tubuh ayam.

Bersihkan Kandang

Kandang yang kotor tentunya akan menganggu produktivitas dan kesehatan ayam. Maka dari itu, kandang harus selalu bersih dengan membersihkannya secara teratur. Biasanya membersihkan kandang tersebut dalam jangka waktu seminggu sekali, untuk hasil yang maksimal dalam membersihkan kandang, gunakan semprotan khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.