Jarang Yang Tahu, Begini Cara Memilih Telor Ayam Bagus

oleh -42 views
raw-organic-farm-eggs-selective-focus-image-close-up_583400-503
Foto : Freepik

Panennews.com – Telor ayam merupakan salah satu sumber protein yang cenderung tinggi selain daging. Cita rasanya yang lezat ketika diolah sangat pantas jadi bahan pangan ideal untuk dikonsumsi masyarakat luas.

Dengan demikian, ketika membeli telor harus mengetahui beberapa cara untuk memilihnya. Pemilihan telor yang salah akan mengakibatkan telor tidak bisa dinikmati dan bahkan mendapatkan telor busuk, namun untuk mengantisipasi hal tersebut perlu mengetahui cara memilih telor, adapun cara tersebut diantaranya.

Melihat Warna

Cara pertama untuk memilih telor dengan melihat warna kulit pada telor, biasanya warna kulit telor ayam yang dinilai bagus memiliki warna merah bata cenderung terang. Selain itu, lihatlah corak atau bintik-bintik pada permukaan kulitnya, jika terdapat bintik yang cenderung banyak, maka pilihlah telor itu karena telor tersebut dinilai cenderung baik.

Baca Juga :   Kunjungi Petani Milenial Bandung, Mentan Minta Pengembangan Produksi Hingga Pascapanen

Cangkangnya Bersih

Secara umum, cangkang yang kotor sudah barang tentu menghasilkan telor yang kurang bagus dan sudah terkontaminasi. Namun, telor ayam yang tergolong bersih cangkangnya juga termasuk salah satu telor yang bagus, maka pilihlah cangkangnya yang bersih. Selain itu, cangkang bersih tersebut juga telah terjaga dari kontaminasinya bakteri-bakteri jahat yang akan menganggu telor.

Tidak Bau

Telor ayam yang tidak bau biasanya bisa dipastikan itu telor ayam yang baik, sehingga bisa dinilai cenderung bagus. Selain itu, telor ayam yang tidak bau juga bisa dipastikan telor yang sehat dan dapat dikonsumsi. Maka dari itu, pilihlah telor ayam yang tidak bau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.