Tanaman Nipah Spesies Palem, Buahnya Sebagai Manisan

oleh -344 views
Nypa fruticans Wurmb. Trees that grow around the mangrove forest.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Nipah merupakan salah satu jenis tanaman iklim tropis yang biasanya tumbuh subur dilahan lembab. Tanaman ini sudah banyak menyebar luas dari kawasan Asia Tenggara bahkan juga Australia.

Nipa tersebut mempunyai nama Ilmiah Nypa Fruticans ini masih termasuk dari famili Arecaceae. Tanaman tersebut juga masih satu spesies dari tanaman dan pohon palem.

Secara morfologi, tanaman nipa dapat tumbuh tinggi yang mencapai kisaran antara 6 meter dengan akarnya berserabut panjang dan bisa mencapai ukuran 12 meter. Terdapat daun berwarna hijau pada daun tuanya, sedangkan daun yang muda berwarna hijau cenderung kuning. Adapun daunnya dapat tumbuh keatas dengan ukuran panjang daun tersebut berkisar 1,5 meter dengan ujungnya yang cenderung lancip.

Baca Juga :   Bupati Tabanan Kenalkan Sorgum pada Petani Sebagai Alternatif Tanaman Pangan Varian Baru

Selain itu, tanaman ini juga dilengkapi bunga yang sifatnya majemuk yang munculnya dari ketiak daun dan tersusun rapi, biasanya bunga tersebut memiliki ukuran berkisar antara 100 cm. Adapun warna bunga tersebut biasanya berwarna jingga cenderung kuning, namun banyak juga spesies dari pohon ini memiliki warna merah dan didominasikan warna jingga.

Sementara itu, tanaman nipa juga terdapat buah berbentuk bulat telur dengan teksurnya yang cenderung empuk. Adapun buah tersebut memiliki ukuran panjang berkisar antara 13 cm dengan lebarnya dikisarkan 11 cm, warna dari buah ini cenderung putih pekat. Biasanya banyak dari kalangan masyarakat memanfaatkan buahnya sebagai manisan, karena buah tersebut dinilai empuk dan cenderung lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.