Mengenal Singawalang, Tanaman Herbal Dengan Daunnya Melawan Penyakit TBC

oleh -685 views
A small shrub of petiveria tetrandra growing in the backyard
Foto : Pixabay

Panennews.com – Singawalang merupakan salah satu tanaman herbal yang mudah ditemukan pada wilayah iklim tropis. Tanaman tersebut berbentuk semak dengan daunnya yang lebat batangnya pun bercabang.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Petiveria yang masih termasuk dalam famili Phytolaccaceae. Atau biasanya bagi wilayah kepulauan tanaman ini sering disebut dengan gandola-gandolaan. Biasanya bagi kebanyakan masyarakat mengenal tanaman ini dengan daunnya mampu menyembuhkan penyakit.

Secara umum, tanaman tersebut mempunyai tinggi yang berkisar antara 1 meter dengan berdiameter berkisar 40 – 75 cm. Adapun daun dari tanaman tersebut berbentuk jorok cenderung runcing dan sifatnya pun lentur dan tajam pada bagian ujung daunnya.

Baca Juga :   Menteri Pertanian Serahkan Bantuan Pisang dan Program Pertanian di Jeneponto

Selain itu, tanaman ini juga memiliki buah yang dinamakan longkah dengan bentuknya bergaris seperti tali sepanjang berkisar antara 6 cm. Biasanya buah tersebut dapat muncul pada musim penghujan, adapun buahnya ini dapat tumbuh lebat apabila tanaman menyesuaikan dengan keadaan cuaca.

Sementara itu, singawalang pun memiliki kandungan senyawa saponin, polifenol, kumarin, flavonoid, dan alkanoid. Kandungan senyawa tersebut biasanya terdapat pada daunnya, dengan kandungannya tersebut banyak sebagian orang yang mempercayai singawalang dapat menyembuhkan penyakit Tuberkulosis (TBC).

Lebih lanjut, pemanfaatan daun ini sebagai obat tradisional penyembuh penyakit TBC yaitu dengan merebus daun singawalang tersebut hingga mencapai 2 keping daun, lalu dicampurkan bersamaan dengan dua gelas air. Lalu diminum dan terapkan resep tersebut setiap pagi dan sore hingga penyakit tersebut mereda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.