Bikin Mati Dan Gagal Panen, Kenali Jenis Hama Ini Pada Tanaman Sorgum

oleh -369 views
Sorgum
Dok. Kementan

Panennews.com – Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman biji yang masih tergolong dalam keluarga tanaman jagung dan padi. Sorgum tersebut saat ini tengah populer karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi sehingga banyak pembudidayanya.

Dalam pembudidayaan dan penanamannya, harus diperhatikan cara merawatnya agar tanaman tersebut terhindar dari serangan hama apapun jenisnya. Biasanya tanaman sorgum yang terserang hama dapat menyebabkan gagal panen dan bikin mati, adapun jenis hama tersebut diantaranya.

Ulat

Jenis hama ini biasanya dapat menyerang pada bagian batang sorgum, sehingga dapat menjadikan sorgum cepat layu dan cenderung mati. Selain itu, sorgum yang terserang hama ini dapat menyebabkan gagal panen, karena dinilai gagal dalam pembentukan batangnya. Adapun biasanya jenis hama ini dapat menyerang sorgum pada malam hari atau pada saat gelap gulita.

Baca Juga :   Petakan Kawasan Kekeringan, Kementan Optimis Hadapi El Nino

Lalat

Hama tersebut dapat menyerang tanaman sorgum yang masih tergolong muda usianya, biasanya lalat dapat menyerang sorgum pada bagian daunnya. Selain itu, hama ini juga tidak serta merta menghabiskan daun sorgum sehingga menyebabkan daun bolong yang akan mengakibatkan kematian. Biasanya jenis hama ini dapat menyerang pada sore hari.

Hama Bubuk

Jenis hama ini dinilai paling membahayakan pada tanaman sorgum. Pasalnya, hama tersebut dapat menyerang pada biji yang akan mendekati masa panen, biasanya biji yang terkena hama bubuk ini dapat mengakibatkan tanaman mati sehingga menyebabkan sorgum gagal panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.