Burung Cekakak Jawa, Hewan Endemik Indonesia Yang Cantik

oleh -525 views
istockphoto-611295844-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi kalangan pecinta burung hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan spesies cekakak jawa ini. Burung tersebut merupakan salah satu burung yang keberadaaannya tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Burung cekakak jawa mempunyai nama Ilmiah Halcyon Cyanoventris yang berasal dari suku famili Halcyonidae. Burung endemik ini biasanya kerap dilirik oleh pecinta kalangan burung hias untuk dipelihara karena tampilannya.

Secara umum, burung cekakak jawa ini memiliki habitat asli yang biasanya dapat kita jumpai di persawahan, kolam ikan, maupun padang semak. Biasanya habitat mereka dapat bersarang dengan bentuknya cenderung mirip terowongan, adapun sarang tersebut bisa terbuka lebar jika terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga :   Bantuan 500 Ekor Ayam Sentul, Dorong Kesejahteraan Peternak Di Sumedang

Selain itu, hewan yang satu ini tergolong sebagai satwa pemakan serangga, mereka kerap makan dengan memburu hewan-hewan kecil seperti kumbang, ikan kecil, udang, bahkan katak. Namun, hal tersebut akan berubah ketika burung ini beranjak dewasa, biasanya burung cekakak yang sudah dewasa dapat menyantap ular ikan sampai kadal air.

Sementara itu, bentuk dari burung cekakak jawa ini memiliki tubuh yang cenderung besar dengan ukuran yang berkisar antara 25 cm. Biasanya tubuh burung tersebut dilengkapi dengan tampilan bulu yang di dominasikan oleh berjuta warna menarik dan juga ciamik.

Baca Juga :   Berkah Lebaran, Penjual Ayam Di Pasar Hewan Purbalingga Ramai Pembeli

Lebih lanjut, pada saat terbangnya burung ini dengan tampilan yang penuh warna, akan menambahkan kecantikannya tersendiri terlebih lagi warna tersebut sangat menarik mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.