Jelang Idul Adha, DIY Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

oleh -4 views
VaksinasiMassalYogya
Foto : Ditjen PKH

Panennews.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus bersinergi dalam melakukan pengawasan lalu lintas hewan ternak.

Pengawasan hewan ternak ini dilakukan dalam rangka menjelang idul adha 2024 yang akan datang. Sehingga hewan yang akan dikurbankan tetap sehat dan terjaga dari serangan jenis penyakit.

Kepala Bidang Peternakan DPKP DIY, Erma Rusmiati mengatakan bahwa pengawasan ini patut pihaknya lakukan. Agar memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dalam mengkonsumsi daging kurban.

“Perketat pengawasan ini kita lakukan dalam rangka menjelang hari raya idul adha, agar memberikan rasa nyaman dan aman untuk masyarakat dalam mengkonsumsi daging kurban” ujar Erma, di DIY, Kamis (16/05/2024).

Baca Juga :   Realisasi KUR Di Sektor Peternakan Tahun 2022 Naik 23,6%

Selain itu, Erma juga menjabarkan dalam perketatan pengawasan lalu lintas hewan kurban ini pihaknya telah membuat 7 pos ternak. Masing-masing pos tersebut kini tersebar pada wilayahnya.

Lebih lanjut, secara spesifik 7 pos ini tersebut pada wilayah Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul, hingga perbatasan Jawa Tengah. Adapun pos-pos pengetatan lalu lintas ternak ini terjaga keamanannya siang dan malam.

“Konsep perketatan lalu lintas hewan ternak ini kita membuat 7 pos ternak yang masing-masing tersebar. Penjagaannya cukup ketat mulai dari pagi, siang, hingga malam hari” lanjutnya.

Baca Juga :   Marmot Tanah, Hewan Dengan Habitatnya Di Pegunungan

Lebih jauh, Erma mengatakan pada pos tersebut tentunya kita memiliki ketentuan standar seperti pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak yang masuk pada wilayah DIY.

Menurutnya, hal tersebut cukup ampuh dalam menghindari masuknya penyakit hewan ternak pada wilayah tersebut. Oleh sebab itu, pemeriksaan hewan ternak harus dilakukan terlebih menjelang idul adha ini.

“Pos ini kita perketat dengan standar pemeriksaan kesehatan hewan ternak, ini menurut saya ampuh dalam menjaga masuknya penyakit hewan ternak apa lagi jelang idul adha seperti sekarang ini” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.