Jarang Diketahui, Ini 3 Jenis Penyakit Yang Menyerang Murai Batu

oleh -8 views
Murai Batu
Foto : Getty Images

Panennews.com – Cukup terkenal dengan suara kicauannya yang lumayan merdu, menjadikan burung murai batu banyak dipelihara oleh kalangan masyarakat.

Meski kicauannya merdu, jenis burung kicau yang satu ini juga sering terserang berbagai jenis penyakit. Ada banyak penyakit yang biasanya menyerang murai batu, adapun jenis penyakit tersebut diantaranya.

Cacingan

Penyakit ini kerap menyerang burung murai batu, biasanya cacingan tersebut menyerang pada permulaan sistem pencernaan burung murai itu sendiri. Penyebabnya yaitu saluran pencernaan burung kerap terserang bakteri hingga virus, sehingga bakteri tersebut menyerang beberapa sistem pada saluran pencernaan. Adapun gejala yang ditimbulkan dari jenis penyakit ini biasanya burung akan menurun nafsu makannya hingga menyebabkan.

Baca Juga :   Ketahui 3 Jenis Penyakit Ini, Rentan Menyerang Hewan Kucing Peliharaan

Tetelo

Penyakit tetelo disebabkan oleh adanya virus Virulent Newcastle Disease yang menyerang saluran pernafasan burung murai batu. Gejala awal yang ditimbulkan penyakit ini biasanya burung murai batu kesulitan akan bernafas. Selain itu, produktivitas menurun juga jadi gejala yang parah terhadap penyakit ini. Lebih parahnya lagi, penyakit ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak pada jenis burung murai.

Infeksi Mata

Jenis penyakit selanjutnya yang kerap menyerang murai batu yaitu infeksi mata. Penyakit tersebut disebabkan karena gangguan bakteri hingga virus yang mengendap pada mata burung murai, gejalanya meliputi mata berair hingga pembengkakan pada sekitar mata. Selain itu, gejalanya yang lebih parah juga bisa membuat mata burung murai berdarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.