Benarkah Daun Singkong Cocok Untuk Pakan Alami Kambing

oleh -241 views
cassava-leaves-6987510__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Daun singkong merupakan salah satu daun hijau-hijauan yang terdapat pada tanaman singkong. Daun dengan pohonnya tersebut dapat tumbuh subur pada wilayah iklim tropis khususnya Indonesia.

Biasanya daun singkong dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, campuran masakan, hingga lalapan. Namun, saat ini banyak dari kalangan peternak menggunakan daun ini sebagai pakan hijau alami ternak yang mempunyai nilai nutrisinya baik.

Secara umum, produktivitas daun singkong di Indonesia pun dinilai cenderung tinggi dan mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan daun singkong ini pun dikenal begitu banyak mulai dari batangnya, daunnya, umbinya, bahkan juga akarnya yang berada pada dalam tanah.

Baca Juga :   Cara Mencegah Hewan Kucing Agar Tidak Tertular Penyakit Rabies

Selain itu, daun singkong pun mempunyai kandungan nutrisi dan vitaminnya yang cenderung tinggi. Adapun kandungan nutrisinya tersebut meliputi protein, asam amino, mineral, asam folat, kalori, serat, dan sederet vitamin yang menghiasi kandungan dari pada kandungan daun singkong tersebut.

Sementara itu, kandungan nutrisinya sering dimanfaatkan peternak untuk pakan hewan ternak yang berupa kambing. Biasanya para peternak memanfaatkan daun singkong tersebut dapat dicampur dengan batangnya, sehingga tidak terlalu padat untuk pakan ternak yang akan diberikan.

Lebih lanjut, daun singkong juga memiliki kandungan lemak kasar, serat kasar, dan protein kasar dalam jumlah yang cenderung tinggi, sehingga daun singkong tersebut dinilai cocok untuk pakan hijau alami ternak ruminansia terlebih lagi hewan kambing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.