Sempat Ditutup, Barantan Buka Kembali Impor Sapi Asal Australia

oleh -32 views
Hewan Sapi
Ilustrasi Hewan Sapi - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Badan Karantina Pertanian (Barantan) membuka kembali peluang impor sapi asal Australia.

Pasalnya, impor sapi tersebut beberapa waktu lalu sempat ditutup karena mewabahnya beberapa penyakit hewan yang dimulai dari penyakit PMK, LSD, hingga Rabies.

Adapun Kepala Barantan, Bambang menyebutkan bahwa Indonesia tengah membuka peluang impor sapi lagi. Namun, dengan ketentuan sapi tersebut dengan catatan sehat.

“Pada hari ini, Senin 11 September 2023 sapi impor asal 7 fasilitas peternakan di Australia yang telah ditangguhkan, kita buka kembali,” kata Kepala Barantan melalui jumpa pers yang digelar secara hybrid, Senin (11/09/2023).

Baca Juga :   Plt Mentan Pastikan Stok Beras Hingga Akhir Tahun Relatif Cukup

Selain itu, Bambang juga menyebutkan bahwa hal ini diberlakukan sebagai tindak lanjut rapat teknis dengan Pemerintah Australia yang telah berlangsung 2 (dua) hari, Kamis dan Jumat, 7 dan 8 September 2023 di Jakarta.

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia sebelumnya telah menangguhkan impor sapi asal 7 dari 60 fasilitas peternakan di Australia akibat terdeteksi secara klinis penyakit LSD.

Sementara itu, terhadap hewan sapi impor yang terdeteksi penyakit ini telah dilakukan pemotongan bersyarat dibawah pengawasan dokter hewan karantina. LSD atau penyakit kulit berbenjol pada hewan sapi ini, tidak bersifat menular kepada manusia, atau non-zoonosis.

Baca Juga :   Sate Bulayak Lombok, Bumbu Sedapnya Menggoda Selera

Lebih lanjut, perwakilan dari Pemerintah Australia yaitu Department of Agriculture, Fisheries and Forestry (DAFF), telah memutuskan bahwa reharmonisasi persyaratan impor sapi dan kerjasama untuk LSD, akan dijadikan sebagai landasan bagi kelanjutan perdagangan sapi yang saling menguntungkan.

“Tentunya hal ini bisa jadi landasan keuntungan bagi kedua negara yaitu Indonesia dan juga Australia akibat dampak dari impor sapi ini” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.