Pohon Buni, Tanaman Tropis Dengan Buahnya Langka

oleh -266 views
Buni fruit, Buni fruit which has the Latin name Antidesma bunius (L.) Spreng
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon buni merupakan salah satu jenis pohon yang dapat tumbuh pada wilayah beriklim tropis. Biasanya pohon tersebut dapat kita jumpai pada dataran tinggi maupun rendah dengan tanahnya yang lembab.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Antidesma Bunius L ini termasuk jenis tanaman hias yang cantik dan menarik. Dalam spesiesnya, pohon ini biasanya tumbuh bercabang yang disertai dengan buahnya.

Pohon ini dapat tumbuh subur pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut dengan habitat yang disukainya yaitu tepi hutan maupun pada pinggiran jalan. Bentuk dari pohon ini berkisar antara lebih dari 2 meter dengan daunnya berwarna hijau, sedangkan batangnya berwarna coklat tua.

Baca Juga :   Mundu, Buah Asli Indonesia Yang Tergolong Langka

Selain itu, pada selingan daun dan batangnya pohon ini dilengkapi dengan buah yang berwarna merah serta hijau. Bentuk dari buahnya cenderung mirip anggur dengan tampilan satu tangkai memanjang dan berwarna keungu-unguan pada buah yang dinilai matang.

Sementara itu, cita rasa buah dari pohon ini mempunyai rasa manis jika sudah matang dan cenderung asam pada buah yang belum matang. Buah tersebut pun dinilai enak dan dapat langsung disantap, biasanya buah dari pohon buni ini dapat dijadikan campuran pada jamu tradisional.

Baca Juga :   Buah Naga Asal Sumsel, Dipastikan Aman Untuk Menuju Jakarta

Lebih lanjut lagi, saat ini pembudidayaan pohon buni dan buahnya dinilai sedikit, sehingga banyak yang tidak tahu keberadaannya. Hal tersebut menjadikan buah ini dinilai punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.