Turi, Bunga Unik Dengan Kandungannya Banyak Manfaat

oleh -331 views
turi flower
Foto : Freepik

Panennews.com – Bunga turi merupakan jenis bunga berasal dari tanaman turi yang biasanya dapat kita jumpai pada kebun atau pekarangan rumah. Oleh kebanyakan orang biasanya mengenal bunga ini dengan sebutan kembang turi.

Bunga yang mempunyai nama Ilmiah Sesbania Grandiflora ini banyak dikenal dengan bunganya bermanfaat. Bunga tersebut pun kerap juga digunakan sebagai campuran dalam masakan nusantara maupun kudapan lezat lainnya.

Secara umum, bunga turi ini sangat unik dan menarik dengan tampilannya terkesan indah memiliki jenis daun yang majemuk. Bunga tanaman ini biasanya terletak diketiak daun tanaman turi dengan bentuknya cenderung lonjong, adapun tangkai dari bunga tersebut mencapai kisaran 2 sampai 4 lembar.

Baca Juga :   Panen Raya Dan Ekspor Buah Mangga, Mendag : Komoditas Hortikultura Berpotensi Jadi Sumber Devisa

Adapun batang dari bunga ini berbentuk kayu lunak dengan sistem pencabangannya mempunyai ranting-ranting menggantung, percabangannya tersebut akan keluar mencapai ketinggian 5 meter. Biasanya dengan batang ini bunga akan melindungi dirinya dari serangga pemangsanya.

Selain itu, dengan ciri dan bentuknya yang dikenal unik, ternyata bunga ini pun mengandung beberapa nutrisi dan vitamin diantaranya antioksidan, vitamin A, vitamin B, kalsium, magnesium, dan betakaroten. Selain kandungan nutrisi tersebut kembang turi juga mengandung zat besi dan selenium yang dikenal mempunyai khasiat luar biasa.

Baca Juga :   Ketahui Tips Mudah Memilih Bawang Merah Yang Berkualitas

Sementara itu, dengan kandungan pada bunga ini dipercayai dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Biasanya banyak dari kalangan orang memanfaatkan bunga ini dengan cara merebus bunganya pada air mendidih atau menumbuknya sampai halus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.