Kaktus, Tanaman Hias Dengan Tampilan Berduri

oleh -202 views
cactus-4161381_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang hidup pada lingkungan kering seperti halnya gurun pasir. Tanaman ini pun dikenal juga tanaman yang menyesuaikan dirinya.

Kaktus mempunyai nama Ilmiah Cactaceae yang masuk dalam klasifikasi tinggi dari genus Caryophyllales ini mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuh dan tampilannya dibandingkan tanaman hias jenis lainnya.

Secara morfologi, tanaman ini memiliki ciri-ciri anatomi yang dinilai unik dengan batangnya mampu menampung air dan makanan cadangan dalam volume cenderung besar. Batangnya pun berlapis lilin yang fungsinya untuk melindungi dari serangan matahari dan meminimalisir penguapan air.

Baca Juga :   DPD RI : Sektor Perkebunan Punya Peran Memajukan Masyarakat

Selain itu, batangnya tersusun atas jaringan spons yang berguna untuk menyaring air ketika kaktus berada pada wilayah banyak air. Ketika ada air yang masih secara berlebih, batang akan mengkerut sehingga kadar air akan berkurang dan juga batangnya pun muncul pori-pori untuk melindungi dirinya dari suasana dingin.

Sementara itu, kaktus dapat tumbuh panjang berkisar 2 meter dengan akarnya yang cukup rumit berupa serabut tunggang dan bercabang. Adapun kaktus tersebut mempunyai ciri khusus dengan tubuhnya yang berpenampilannya dilengkapi penuh duri, durinya merupakan bentuk modifikasi dari daun dengan fungsinya untuk melindungi dari herbivora.

Baca Juga :   Mengenal Pepaya Merah Delima Dengan Warna Yang Menggoda

Lebih lanjut lagi, dengan tampilannya yang berduri kaktus dapat menyimpan air yang cukup dan menyerap karbondioksida ketika berfotosintesis pada siang hari dengan matahari yang cukup dinilai terik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.