Pestisida Tanaman Dari Daun Mint, Begini Cara Membuatnya

oleh -28 views
Daun Mint
Foto : Pixabay

Panennews.com – Daun mint terkenal sebagai antioksidan, penyegar mulut, maupun untuk meredakan pilek. Daun ini juga sudah cukup populer yang dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai obat herbal.

Akan tetapi, selain banyak khasiat yang ada pada jenis daun ini, fungsi lainnya juga dapat digunakan sebagai bahan pestisida tanaman. Dilansir dari laman Kementerian Pertanian, dijelaskan bahwa daun mint dapat digunakan untuk pestisida tanaman.

Kandungan zat aktif yang ada pada daun ini diantaranya spearmint, flavonoid, tannin, menthol, methone, carvone. dari beberapa kandungan yang ada tersebut maka daun mint juga dapat digunakan sebagai antiseptik dan pestisida.

Baca Juga :   Sistem Budidaya Aeroponik, Solusi Tanam Tanpa Tanah

Adapun cara membuat pestisida dari daun mint yaitu dengan cara menghaluskan daun mint sekitar 250 gram. Kemudian tambahkan air sekitar 2 liter lalu campurkan dan pestisida daun mint pun siap untuk digunakan.

Untuk cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara menyemprotkan cairan daun mint tersebut ke tanaman pada pagi dan sore hari. Cukup mudah bukan ?

Komentar