Mentimun, Sayuran Segar Bergizi Lengkap

oleh -192 views
Zucchini with flower isolated on white background. Courgette with blossoms.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Mentimun merupakan salah satu tanaman yang buahnya biasa dijadikan sayuran atau pun campuran masakan. Mentimun tersebut dapat tumbuh pada wilayah beriklim tropis dan biasanya mudah kita temukan keberadaannya.

Mentimun dengan nama Latin Cucumis Sativus L ini termasuk kedalam jenis tanaman sayuran buah suku terong-terongan. Persebaran timun di Indonesia dikenal dengan sayuran buah dengan sebutan timun segar, karena mempunyai kandungan air banyak.

Secara morfologi, tanaman ini mempunyai batang berwarna cenderung hijau dan berbulu dengan panjang berkisar antara 1,5 meter. Umumnya, batang mentimun mengandung air dan sifatnya cenderung lunak namun batang lunak tersebut biasanya jarang sekali ditemukan.

Baca Juga :   Gemar Mengkonsumsi Buncis, Dapatkan 3 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Selain itu, mentimun mempunyai daun tunggal dengan letaknya yang berseling disertai tangkainya panjang dan berwarna hijau. Adapun daunnya beraroma kurang sedap, biasanya dengan aroma kurang sedapnya itu mentimun melindungi dirinya dari serangan hama.

Sementara itu, sayuran mentimun itu sendiri berwarna hijau cenderung terang dengan corak hijau keputihan yang tergantung dari jenis varietas bibit pada awal pembudidayaannya. Adapun ukuran panjang dari sayuran ini dengan ukuran yang berkisar 12 – 25 cm dengan diameternya berkisar antara 2 – 5 cm, yang pada ukurannya tergantung kultivarnya.

Baca Juga :   Mengenal Tanaman Kratom, Dengan Daunnya Yang Banyak Manfaat

Lebih lanjut lagi, sebagai sayuran bahan pangan utama yang dinilai segar, mentimun juga mempunyai gizi yang tergolong lengkap yaitu protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat gizi, vitamin C, vitamin D, serat, dan saponin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.