Baru Tahu, Ternyata Cengkeh Juga Dapat Digunakan Untuk Parfum

oleh -160 views
cengkeh
Cengkeh - Foto : Rumah Mesin

Panennews.com – Cengkeh merupakan salah satu hasil tanaman khas Indonesia yang mempunyai peranan cukup menonjol. Cengkeh tersebut masih dalam satu keluarga dengan tanaman kuncup bunga kering atau yang biasa dikenal dengan keluarga Myrtaceae.

Di Indonesia, berbagai varietas unggul cengkeh tersedia dan dapat dipilih sesuai dengan kondisi wilayah. Beberapa varietas unggul cengkeh yang dikembangkan terkenal diantaranya jenis cengkeh Tuni Bursel, Zanzibar Gorontalo, dan Cengkeh Varietas AFO.

Varietas cengkeh tersebut ada beberapa manfaat lantaran kandungan senyawa yang berupa minyak atsiri diantaranya senyawa Eugenol. Senyawa tersebut terdapat sebanyak 100 gram per-cengkeh yang bersifat hidropionik dan bisa larut dalam cairan pelarut organik.

Baca Juga :   Karantina Makassar Sertifikasi Ekspor 19 Ton Komoditas Cengkeh Dan Pala

Selain itu, cengkeh juga mempunyai kandungan senyawa Isoeugenol yang dikenal sebagai cairan kuning yang dieksraksi dari minyak cengkeh. Senyawa tersebut mempunyai aroma pedas dan cenderung juga bersifat mengeluarkan wangi yang khas dan wangi tersebut bisa bertahan lama.

Sementara itu, dari beberapa kandungan senyawa yang terdapat dari cengkeh kerap digunakan untuk bahan dasar parfum. Karena senyawa tersebut dikenal mempunyai ciri khas yang bertahan lama, penyedap essensial yang dinilai cukup memuaskan dari hasil ekstrak cengkeh tersebut.

Biasanya cengkeh digunakan sebagai bumbu dapur untuk menjadi campuran pada masakan yang dinilai khas aromanya. Namun, karena cengkeh terdapat senyawa tersebut diatas, menjadikan cengkeh menambah manfaat yang kerap bisa dijadikan bahan dasar parfum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.