Gerdal OPT, Cegah Hama Wereng Tanaman Padi Di Kabupaten Kuningan

oleh -7 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Wereng merupakan salah satu hama tanaman padi yang sampai saat ini masih menjadi masalah dalam peningkatan produksi Padi.

Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyelenggarakan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (Gerdal OPT) Hama pada tanaman padi.

Gerakan ini secara seremonial dilakukan oleh Penjabat Bupati Kuningan di Desa Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar, Jumat (26/04/2024). Yang juga dilaksanakan di 347 Kabupaten/Kota secara serentak se-Indonesia.

Iip Hidajat, sapaan akrab Pj Bupati menyebutkan bahwa organisme pengganggu tumbuhan (OPT) yang berupa hama, penyakit, dan gulma, merupakan faktor pengganggu dalam budidaya tanaman, oleh karena itu perlu dikendalikan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman baik, sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga :   Produksi Padi Menurun Akibat El Nino, Jawa Tengah Tetap Surplus Beras

“OPT menjadi tantangan yang terus menerus menghadang produktivitas dan kesejahteraan petani kita. Dan kita menyadari bahwa untuk mencapai keberhasilan dalam mengendalikan OPT, diperlukan kerja sama semua pihak, baik pemerintah, petani, akademisi maupun masyarakat umum” Kata Iip.

Selanjutnya Iip memaparkan, bahwa serangan OPT dapat berpengaruh terhadap luas panen dan tingkat produktivitas.

Hal ini perlu dilakukan kebijakan pengamanan produksi tanaman pangan di Kabupaten Kuningan dengan sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang terdiri dari dua cara.

“Yang pertama adalah cara pre-emtif yaitu pengelolaan agroekosistem pada fase pra tanam untuk menentukan waktu tanam dan komponen agroinput seperti pupuk, benih unggul bermutu, agen hayati dan lain-lain yang dibutuhkan. Dan yang kedua adalah cara responsif. Yaitu tindakan pengendalian OPT berdasarkan hasil pengamatan keliling yang dilakukan” Kata Iip.

Baca Juga :   Begini Cara Mudah Menanam Kangkung Darat Agar Tumbuh Maksimal

Dikatakan Dr. Rachmat, M.Si selaku Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI bahwa Peralihan musim akan menyebabkan banyaknya hama padi, salah satunya berupa wereng.

“Ketika musim tanam meningkat tentu akan meningkatkan banyaknya hama pengganggu. Maka melalui program ini, kita lebih baik mencegah dari pada mengobati.”

Dr. Rachmat melanjutkan bahwa upaya dalam hal perlindungan taman pengendalian OPT adalah berdasarkan amanat UU tentang sistem budidaya berkelanjutan.

“Hal ini menjadi tugas utama, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan para petani. Hal ini semata-mata dalam upaya kita agar produksi padi dapat maksimal, sehingga mencukupi kebutuhan padi di daerah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.