Percepat Tanam Padi, Kementan Gencarkan Pompa Hingga Olah Tanah

oleh -15 views
IMG-20240424-WA0075
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Tantangan perubahan iklim semakin nyata, pemerintah melalui Kementerian Pertanian terus berupaya mengambil langkah proaktif.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, beberapa waktu lalu, telah melakukan Apel Siaga Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur. Inisiatif ini menandai komitmen pemerintah demi meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Meneruskan hal tersebut, Direktur Jenderal perkebunan (Dirjenbun) Andi Nur Alam Syah lakukan Kegiatan Pompanisasi, Olah Tanah dan Tanam Padi sebagai upaya khusus Perluasan Areal Tanam (PAT) untuk peningkatan Produksi Padi Nasional, di Nganjuk Jawa Timur.

“Pompanisasi ini merupakan solusi cepat dan tepat dalam menangani El Nino yang memiliki dampak signifikan bagi sektor pertanian. Pompanisasi akan memberi dampak positif dalam memenuhi target produksi untuk kebutuhan pangan nasional. Seperti di Desa Kedungglugu, Kec.Gondang ini ada aliran sungai Wedas yang dapat Mengairi 12.000 ha, sebelumnya taman satu kali, ke depan harus dua sampe tiga kali,” ujar Andi Nur, Kamis (25/04/2024).

Baca Juga :   1000 Ton Beras Impor Vietnam, Komisi IV : Mencekik Petani Di Pulau Sumbawa

Sebagai salah satu daerah lumbung pangan nasional, Provinsi Jawa Timur memiliki kurang lebih 380.000 hektar tadah hujan.

“Kami optimis jika sistem pompanisasi mampu memaksimalkan penanaman di lahan ini, saya hadir disini untuk memonitoring percepatan tanama melalui pompanisasi, serta memonitoring bantian pompa sesuai peruntukannya dan spesifikasinya” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Nur mengatakan, pemenuhan kebutuhan air di bidang pertanian sangat menentukan keberhasilan usaha tani, khususnya untuk tanaman padi.

Kegiatan pompanisasi dan perpipaan dari Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan TNI yang dalam hal ini kodim 0810 nganjuk, tentunya akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung program ketahanan pangan khususnya pemenuhan kebutuhan air untuk pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani dan penanggulangan kemiskinan.

“Semoga petani di Desa Kedungglugu Kecamatan Gondang l Kabupaten Nganjuk dapat terus aktif dalam meningkatkan indeks pertanaman yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan produksi padi dan berkontribusi secara nasional,” ujarnya.

Baca Juga :   Dorong Produksi Jagung Nasional, Kementan Optimalkan Lahan Kelapa Sawit

Sementara itu, Pj. Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna, menyambut baik dan siap mendukung penuh program Bapak Menteri Pertanian, siap mengawal usulan bantuan dari petani agar tepat sesuai kebutuhan.

“Saya bersama stakeholder di Kab. Nganjuk akan menerima peluang untuk kita jadikan solusi bagi petani padi di wilayah aliran sungai wedas, agar tadinya pertanaman satu kali, besok kita bisa tiga kali tanam dan tiga kali panen,” tutur Handoko.

Lebih jauh, Kepala Desa Kedungglugu Kecamatan Gondang l Kabupaten Nganjuk, Sartono menyampaikan petani di Desa kami ini tanam dua kali tapi panen satu kali.

“Kedatangan Dirjenbun dan Pj. Bupati memberikan semangat bagi petani di Desa kami, semoga kami dapat berkontribusi banyak untuk produksi GKP nasional,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.