Panen Ganda Kelapa Sawit Dan Padi, Untungkan Petani Pandeglang

oleh -9 views
IMG-20240424-WA0028
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Petani sambut riang panen ganda melimpah, tak hanya menikmati hasil dari panen kelapa sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Bahkan petani kali ini juga dapat untung dari panen padi gogo, lewat program Kelapa Sawit Tumpang Sari Tanaman Pangan (Kesatria).

Pada moment ini, Direktur Jenderal Perkebunan (Dirjenbun), diwakili Sekretaris Ditjen Perkebunan Heru Tri Widarto bersama Tenaga Ahli Menteri dan Kelompok Tani Neglasari Desa Nanggala Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang Banten, dilakukan panen sawit program PSR 200 ha dan juga tanam padi dengan luasan 100 ha, di Cikeusik Pandeglang Banten, Rabu (24/04/2024).

Sebagai informasi, berdasarkan CPCL yang diajukan oleh Kabupaten Pandeglang telah terdistribusi benih sebanyak 12.975 kg untuk luasan 866 ha.

Baca Juga :   Normalisasi Saluran Irigasi, 70 Hektare Lahan Pertanian Di Bekasi Terairi

“Kementerian Pertanian (Kementan) terus gencarkan optimalisasi lahan perkebunan, demi tingkatkan produksi padi, dan atasi darurat pangan. Berkat strategi jitu Kementan tersebut, petani dapat keuntungan dua kali lipat,” ujar Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan, Kementan mengapresiasi petani dan pihak terkait, yang telah berhasil mewujudkan panen sawit sekaligus padi.

Kementerian Pertanian pastinya turut berbahagia karena melalui program Kesatria ini, bisa membawa keuntungan lebih bagi pendapatan para petani, dan tersedianya bahan pangan nasional.

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Direktorat Jenderal Perkebunan turut berupaya mendukung pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa, Pompanisasi Lahan Tadah Hujan, dan Tumpang Sisip Padi Gogo Tahun Anggaran 2024.

Baca Juga :   KTNA Kerahkan Petani, Dukung Program Kementan Optimasi Lahan Rawa

“Diharapkan program kesatria dapat mendukung optimalisasi lahan perkebunan demi mendukung program penambahan luas tanaman pangan, khususnya padi gogo,” ujarnya.

Sesuai arahan Mentan dan Dirjenbun, Direktorat Jenderal Perkebunan bertanggungjawab menyiapkan lahan perkebunan dan CPCL penerima kegiatan tumpang sisip padi gogo dalam upaya penambahan luas tanam padi. Untuk Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan bertanggungjawab untuk pelaksanaan kegiatan di Provinsi Banten (Kabupaten Pandeglang, Lebak dan Serang).

“Tumpang sisip padi gogo ini merupakan salah satu upaya peningkatan pendapatan petani. Melalui kegiatan Kesatria ini diharapkan pekebun sawit lainnya bisa tidak ragu lagi untuk ikut program PSR yang diikuti dengan tusip padi gogo,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.