Serak Jawa, Burung Sahabat Petani

oleh -547 views
barn-owl-220497__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Burung serak jawa merupakan salah satu spesies burung hantu yang dikenal dengan sebutan Barn Owl. Spesies burung hantu ini memang banyak sekali sebutan lain dan banyak juga julukannya.

Serak jawa mempunyai nama Ilmiah Tyto Alba ini sebenarnya sudah lama dikenal pada dunia ini. Terlebih lagi burung jenis ini pun sangat terkenal sebagai burung sahabat petani, hal tersebut dikarenakan burung dapat mengusir jenis hama pada tanaman petani.

Burung tersebut mempunyai ciri-ciri dengan bentuk tubuh panjang berkisar antara 34 cm. sedangkan burung jenis betina mempunyai bentuk tubuh lebih besar dari yang jantan. Serak jawa mempunyai bulu yang sebagian besar cenderung berwarna putih, hal ini menjadikan serak jawa mudah dikenali daripada spesies burung lainnya.

Baca Juga :   Ribuan Ekor Ayam Afkir, Diperiksa Kesehatan Sebelum Terbang Ke Balikpapan

Selain itu, habitat burung ini biasanya berada di tepi hutan, lahan budidaya, sampai dengan taman kota. Secara umum, mereka hidup pada daerah yang banyak pohon dengan ketinggian berkisar 1.600 mdpl. Adapun aktifitas pada burung tersebut cenderung kebanyakan pada malam hari dan tak jarang juga mereka beraktifitas pada siang hari.

Sementara itu, pakan burung tersebut meliputi hama yang mengganggu tanaman. Selain itu, burung tersebut mempunyai indera pendengaran yang sangat tajam. Hal ini dipercayai dapat membantu petani dalam mengusir hama hama yang menganggu pada tanamannya. Lebih lanjut, ketika burung jenis ini terbang, maka jenis hama pun merasa ketakutan. Oleh karena itu, burung ini menjadi sahabat petani karena dapat menjaga lahan budidayanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.