Ribuan Ekor Ayam Afkir, Diperiksa Kesehatan Sebelum Terbang Ke Balikpapan

oleh -35 views
84055_44a61b5cb134dc87b8b88967d2aef61f-28_10_2023-21.12.01-991x564
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – UPT Badan Karantina Indonesia di Mamuju melalui Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Mamuju melakukan pengawasan terhadap 8150 ekor ayam afkir.

Adapun ayam tersebut diangkut menggunakan 6 truk dan menyeberang menggunakan kapal ferry ke Balikpapan, Jum’at (17/11/2023).

I Gusti Bagus Ari Purwanda selaku Dokter Hewan Karantina yang melakukan pemeriksaan mengatakan ribuan ekor ayam tersebut telah dilakukan pemeriksaan fisik.

Selain itu, pemeriksaan juga mengenai dokumen hasil pengujian laboratorium maupun kelengkapan dokumen lainnya seperti sertifikat veteriner daerah asal.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan gejala klinis pada ayam kemudian juga telah dilengkapi dokumen Sertifikat Veteriner dari daerah asal, diakhiri dengan penerbitan sertifikat sertifikat kesehatan hewan (KH-11) dan tidak lupa dilakukan desinfeksi terhadap alat angkutnya, ujar Gusti.

Baca Juga :   Ayam Hutan, Nenek Moyang Ayam Kampung yang Mempesona

Sementara itu, Gusti tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk melaporkan media pembawa yang akan dilalulintaskan kepada Pejabat Karantina dan bersama-sama mencegah penyebaran hama penyakit hewan, ikan, maupun tumbuhan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam dan perekonomian masyarakat.

“Kita bersama-sama mencegah penyebaran hama penyakit hewan termasuk juga ayam ini, tujuannya agar tidak merusak kesehatan dan terjaganya sumber daya alam hingga perekonomian masyarakat” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.