Gurita, Biota Laut Atlantik

oleh -260 views
pexels-photo-3046629
Foto : Pexels

Panennews.com – Gurita merupakan salah satu jenis hewan moluska dari kelas chepalopoda atau yang lebih dikenal dengan sebutan kaki hewan terletak dikepala. Dengan nama Ilmiah Octopoda gurita tersebut juga binatang laut yang mampu hidup di perairan laut tropis hingga wilayah kutub.

Secara morfologi, umumnya gurita ini mempunyai ukuran tubuh berkisar antara 1,5 cm hingga mencapai 3 meter. Ukuran tersebut didapatkan dengan mengukur lengan terpanjang hingga ujung bagian tubuh luar. Gurita ini banyak dikenal kalangan luas dengan hewan yang tidak mempunyai tulang belakang.

Baca Juga :   Perairan Raja Ampat Di Jaga Dari Hama Penyakit Ikan Karantina

Adapun badan gurita berbentuk bulat dan tidak mempunyai sirip atau pun cangkau diluar tubuh seperti hewan air pada umumnya. Dengan kepala gurita berada diantara tubuh dan tantekel dan gurita mempunyai sepasang mata dengan sifat yang kompleks atau bisa disebut dengan mata tajam.

Selain itu, tangan gurita berupa tentakel dengan berjumlah delapan, pada bagian tersebut terdapat selaput renang dan kantong penghisap. Adapun kantong penghisap tersebut mempunyai bagian bagian tepi yang mirip dengan tanduk dan setiap kantong penghisap berada pada setiap lengan atau tangannya.

Baca Juga :   Menteri Susi Tetapkan Teluk Benoa Sebagai Kawasan Konservasi Maritim

Sementara itu, habitat gurita biasanya hidup dengan cara menempel dan bergerak pada bagian dasar perairan yang terdapat terumbu karang. Adapun pengembak biakannya dengan cara bertelur. Biasanya biota laut ini juga beraktifitas pada malam hari atau nocturnal dan waktu siangnya mereka habiskan dengan berdiam diri pada celah batuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.