Bisbul, Buah Berbulu Yang Hampir Punah

oleh -384 views
Velvet apple fruit or bisbul grow on tree.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Buah bisbul merupakan salah satu jenis buah yang pohonnya biasa hidup pada daerah dataran rendah hingga dataran menengah. Buah ini kerap dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan buah mentega.

Buah tersebut mempunyai nama Ilmiah Diospryros Blancol ini ternyata masih satu kerabat dengan buah kesemek, secara bentuk dan warna pun cenderung mirip kesemek. Keduanya pun berbentuk bulan cenderung lonjong dengan dilengkapi beberapa corak putih pada permukaannya, adapun perbedaan buah ini bisa ditemui pada tekstur dagingnya.

Baca Juga :   Balai Karantina Pertanian Kupang Salurkan 500 Bibit Jeruk Keprok untuk Masyarakat NTT

Selain itu, buah bisbul ini mempunyai cita rasa tekstur dagingnya cenderung manis, legit, dan sedikit gurih. Sementara itu, kandungan gizinya pun dinilai cukup untuk kebutuhan manusia dan buah bisbul juga mengandung berbagai macam jenis vitamin seperti vitamin A, C yang cocok untuk pembangkit tubuh.

Buah bisbul ini ketika sudah matang berwarna cenderung merah berukuran besar dan bulat. Seluruh permukaan buah tersebut tertutup oleh bulu-bulu beludru, hal ini menjadikan buah tersebut dinilai unik. Biasanya buah tersebut dapat dimakan dalam keadaan baru dipetik langsung dan dapat dijadikan campuran rujak.

Baca Juga :   Penuhi Kebutuhan Ekspor, Barantan Periksa Sejumlah Biji Kakao

Sementara itu, dibalik keunikannya tersebut keberadaannya kian dilupakan membuat buah berbulu ini semakin punah, hal ini disebabkan karena tidak ada lagi pembudidayaan atas buah ini dan tidak banyak juga orang mengenal akan buah ini. Bahkan peredarannya pun tidak terdeteksi disebagian pasar tradisional maupun toko-toko swalayan besar pada era modern ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.