Ternyata ini, 3 Manfaat Hutan Mangrove Yang Berdampak Bagi Kehidupan

oleh -108 views
green water in the stream
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Hutan mangrove merupakan salah satu formasi tumbuhan spesifik dan hutan ini biasanya tumbuh serta berkembang dikawasan tropis dan sub tropis. Biasanya mangrove tersebut dapat dibudidayakan pada alam terbuka maupun pesisir pantai.

Pada umumnya, seperti yang kita ketahui hutan memang mempunyai manfaat dinilai luar biasa bagi kehidupan manusia. Sama halnya hutan mangrove pun mempunyai beberapa manfaat bagi ekosistem dan kehidupan sekitar. Adapun manfaat hutan mangrove berikut meliputi.

Menstabilkan Pantai

Sistem perakaran mangrove yang lebat dan tebal dapat menangkap sisa bahan organik. Proses ini membuat air laut menjadi bersih serta dapat memelihara kehidupan pantai. Selain itu, mangrove sering kali disebut sebagai pemelihara terumbu karang dan akar mangrove juga berfungsi menjaga daerah pinggir pantai dari bahayanya erosi.

Baca Juga :   Ketahui Keunggulan Kayu Akasia Untuk Bahan Bangunan

Sumber Pendapatan Nelayan

Masyarakat yang tinggal didaerah pesisir pantai biasanya bekerja sebagai nelayan. Mereka mencari ikan dan sumber penghidupan. Adapun hutan mangrove tersebut bermanfaat sebagai tempat yang paling sesuai untuk pembibitan ikan, udang, dan hewan laut lainnya. Hutan mangrove pun dapat menjaga pembibitan tersebut karena dinilai baik.

Menjaga Kualitas Air dan Udara

Kawasan hutan mangrove juga membantu manusia untuk mendapatkan air bersih dan udara segar. Hutan mangrove dapat menyerap kotoran yang berasal dari sampah maupun kapal yang berlayar di laut. Selain itu, mangrove juga dapat membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang baik nan bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.