Kayu Akasia, Kayu Alami Hutan Tropis

oleh -313 views
wood-gdaa8a93cd_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kayu akasia merupakan salah satu jenis kayu yang semakin populer dengan kualitasnya yang dinilai sangat baik. Kayu tersebut berasal dari pohon akasia yang termasuk dalam subfamili Fabaceae yang tumbuh secara alami pada hutan tropis.

Mempunyai nama Latin Acacia ini mempunyai warna kayu yang terbilang unik dengan kontras bagus dilihat oleh mata yaitu krem dengan terasnya cenderung berwarna coklat hingga cenderung kehijauan.

Jika dilihat sekilas warna pada permukaan kayu ini cenderung mirip dengan kayu jati bahkan kemiripannya pun bisa dikatakan hampir 80 persen. Namun, tentunya keawetan pada kayu jenis akasia ini tidak sebanding dengan kayu jati.

Baca Juga :   Hutan Gundul Di Pegunungan Kendeng Ditanami Seribuan Bibit

Selain itu, tekstur daripada kayu ini pun cukup menarik karena dilengkapi serat halus yang terkesan alami pada permukaan kayu sehingga dapat mempertahankan warna yang dimilikinya. Adapun kepadatan kayu tersebut pada level MC 12 persen, dengan densitas berat berkisar 450 – 500 kilogram.

Sementara itu, kayu ini pun mudah diproses karena tidak rentan patah sehingga mudah disekrup maupun dipaku. Biasanya kayu ini dapat digunakan untuk proses perabotan rumah tangga seperi rak, kursi, lemari, dan meja. Selain itu, kayu akasia pun dapat diolah menjadi kertas karena dinilai tekstur yang halus.

Baca Juga :   Ketahui 3 Kelebihan Balsa, Si Kayu Ringan Hingga Kuat

Kayu jenis ini memang potensi untuk diolah menjadi berbagai macam produk perabot rumah tangga yang bermutu. Namun, kayu tersebut mempunyai tingkat keawetan rendah dengan pemeliharaan yang kurang terawatt menjadikan kayu tersebut mudah dimakan oleh rayap sehingga menjadikan kayu tersebut tidak awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.