Ragam Pakan Untuk Ayam, Dengan Nutrisi Seimbang

oleh -120 views
pexels-photo-11350102
Foto : Pexels

Panennews.com – Bagi peternak ayam tentunya sangat diharapkan untuk mengetahui apa saja jenis pakan berkualitas dengan nutrisi seimbang. Hal ini dikarenakan sangat berpengaruh untuk kualitas ayam tersebut.

Pakan untuk ayam memang sangat cenderung sederhana tapi bukan berarti dengan sembarang kualitas yang diberikan. Ayam gemuk dan sehat tercipta dari pakan baik bergizi seimbang dan mengandung zat-zat yang diperlukan.

Dalam memberikan pakan untuk ternak ayam, harus dibagikan dengan sesuai kebutuhan nutrisinya masing masing sehingga ayam tersebut menjadi lebih meningkat pertumbuhannya. Selain itu, memberikan pakan yang berlebih akan mengakibatkan pertumbuhannya kurang optimal dan pastinya akan membuat biaya yang lebih besar lagi.

Baca Juga :   Bikin Nafsu Makan Ayam Kampung Meningkat, Begini Tips Mudahnya

Pakan yang diberikan tentunya mengandung nutrisi vitamin dan mineral seperti serat, vitamin c, kalium, fosfor, zat besi maupun protein. Nutrisi tersebut jika terkandung pada pakan dipastikan produktifitas pada ayam semakin meningkat terlebih lagi ayam tersebut tidak mudah stres.

Adapun contoh dari pakan tersebut bisa meliputi pelet, jagung, gandum, dedek, kacang kedelai, dan beras. Pakan yang disebutkan ini dipercayai mengandung nutrisi yang dibutuhkan pada ayam tersebut. Selan itu, pakan tersebut memberikan sumber energi sehingga menjadi pakan yang utama.

Baca Juga :   3 Jenis Pakan Kelinci Bligon, Penuh Nutrisi Dan Menyehatkan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pemberian pakan tersebut dilakukan secara 2 – 3 kali dalam sehari. Sementara itu, pemberian pakan ini tidak boleh berlebihan untuk menjaga stabilitas pakan tersebut mencukupi dan pakan berlebihan akan berdampak buruk terhadap habitat ayam tersebut yang menjadi kotor akibat pemberian pakan secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.