Mari Mengenal Lebih Dekat Jamur Merang

oleh -18 views
Jamur Merang
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Jamur Merang merupakan salah satu jenis jamur yang cukup terkenal bahkan kini banyak restoran yang menyajikan jamur ini menjadi menu utamanya. Saking banyaknya peminatnya komoditas jamur ini juga mampu meraup ekonomi yang menggiurkan.

Jamur yang satu ini juga termasuk tumbuhan holtikultura, yang tumbuh secara berspora. Nama latin dari tumbuhan ini adalah volvariella volvacea. Jenis jamur ini tidak memiliki klorofil serta berkembang biak dengan aseksual maupun seksual.

Umumnya tudung jamur ini mempunyai ukuran yang berdiameter 5 sampai 14 cm. Jamur Merang memiliki ciri bulat cembung serta warna yang berbeda-beda mulai dari putih, coklat hingga kehitaman tergantung dari proses perkembangbiakan.

Baca Juga :   Trend Urban Farming, Solusi Berkebun di Perkotaan

Selain itu, jamur ini biasanya akan tumbuh di daerah yang lembab dengan kadar air yang tinggi. Oleh karena itu, biasanya kita akan menjumpai tumbuhan ini di sekitar pegunungan karena tumbuhan ini harus ditanam di daerah yang sejuk.

Untuk masa panen sendiri bisa dikatakan cukup cepat. Tumbuhan ini akan siap panen ketika memasuki usia 20-40 hari. Jamur yang siap panen akan berbentuk bulat dan lonjong. Setelah itu jamur siap dipasarkan ke beberapa tempat.

Saat ini jamur ini telah memiliki komoditas tersendiri bagi peminatnya sehingga tidak heran jika banyak yang membudidayakan jamur ini. Jamur Merang juga tidak sulit untuk dicari bahkan kini jamur ini telah tersedia di pasaran.

Komentar