Kenali Ayam Hias Berjambul, Ayam Poland

oleh -545 views
Ayam Poland
Foto : Flickr/iaakisa_zna

Panennews.com – Apabila Anda hendak mengembangkbiakan ayam hias yang berbeda, Anda bisa mencoba memelihara ayam poland. Jenis ayam ini memang jarang ditemui di pasaran, karena itu kemungkinan harganya cukup tinggi dibandingkan ayam jenis lainnya.

Ayam ini merupakan ayam domestik, sehingga nama latinnya adalah gallus gallus domesticus poland. Ia sering disebut sebagai ayam jambul karena bentuk kepalanya yang menarik. Berbeda dengan ayam lainnya yang memiliki jengger, di kepalanya tumbuh bulu-bulu yang menumpuk.

Ayam poland memiliki bulu yang halus dan tebal, tidak hanya di bagian ujung kepalanya saja, namun di seluruh tubuh. Variasi warnanya beragam, dari putih hingga kecoklatan gelap. Untuk jantan beratnya mencapai sekitar 850 gram, sedangkan yang betina lebih ringan, hanya sekitar 740 gram.

Baca Juga :   Mengenal Keunikan dan Kecantikan Burung Gelatik

Jenis ayam ini diternakkan bukan untuk dikonsumsi, melainkan sebagai ayam hias. Setelah menetaskanya, Anda bisa memanen anakan ayam ini di umur satu bulan. Usahakan untuk tidak lebih kecil dari usia satu bulan. Usia dewasa dicapai di bulan keenam sejak menetas.

Belanda merupakan asal dari ayam ini. Di Indonesia, ia beberapa kali di kawinkan silang dengan ayam lokal dan menghasilkan varietas baru. Saat ini terdapat tiga jenis di Indonesia, yakni jenis bergalur murni, memiliki tiga warna, dan bertanduk.

Baca Juga :   Pemuda Tangerang Bongkar Tips Ternak Puyuh Hias

Ayam poland memang masih belum familiar di Indonesia, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengembangbiakannya. Harganya di pasaran cukup tinggi, sehingga cocok dijadikan sebagai peluang usaha untuk jenis ayam hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.