Kebut Optimasi Lahan, Kementan Amankan Pangan Nasional

oleh -12 views
IMG-20240403-WA0023
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian (Kementan) sigap lakukan akselerasi penanganan darurat pangan dengan beberapa program dan kegiatan, salah satunya lewat program Optimasi Lahan (OPLA).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Andi Nur Alam Syah bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dan Forkompimda Kab Pulpis beserta Kelompok Tani.

Secara simbolis melakukan penanaman Perdana Padi, Kamis (04/04/2024), di lokasi Kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa di Desa Sanggang, Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau

Sebagai informasi, pelaksanaan tanam perdana ini menggunakan sistem tapin dengan varietas Inpari-32, dilakukan pada lahan milik Kel Tani Sumber Rejeki dan akan diikuti penanaman oleh anggota Kelompok Tani yang lain. Desa ini memiliki 10 kelompok tani dengan lahan seluas 661 ha, dimana rerata produktivitas mencapai 3,3 ton/ha.

Kami ditugaskan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, agar mempercepat pelaksanaan kegiatan OPLAH ini, dan berkolaborasi dengan TNI. Dirjen Perkebunan Andi Nur Alam Syah berharap program ini dapat menambah luas tanam baru di Kalteng serta meningkatkan produksi dan produktivitas padi.

Baca Juga :   Kementan Jalankan Langkah Strategis Kelola Pupuk Subsidi 2021

“Kalimantan Tengah luar biasa, pemerintah daerahnya serta masyarakatnya memiliki kemauan yang kuat dalam menjaga ketahanan pangan di daerahnya. Dengan semangat dan kerja keras serta kolaborasi ini, saya yakin dapat mencapai target areal yang sudah ditetapkan. Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih tak terhingga atas dukungan Bapak Wagub, jajaran TNI, Kadis TPHP Prov, dan Kadistan Kabupaten yang turut menyukseskan Program OPLA dan Pompanisasi.” jelas Andi Nur.

Lebih lanjut Andi Nur mengatakan, target OPLAH 81.088 ha di Kalimantan Tengah, sedangkan untuk target OPLAH Kabupaten Pulang Pisau seluas 21.453 Ha. Ini tentu bukanlah hal yang mudah, butuh komitmen dan kolaborasi seluruh pihak.

Baca Juga :   Mentan Amran Pastikan KTP Petani, Jadi Solusi Pengambilan Pupuk Subsidi

Lebih jauh, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan terus memberikan dukungan kepada para petani agar mereka dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraannya, terima kasih dan apresiasi atas dukungan pemerintah pusat pada kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa dan Pompanisasi.

“Kita berharap agar program ini meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong Kalteng menjadi lumbung pangan Nasional.” harapnya.

Sementara itu, Iwan Rosandrianto selaku Danrem 102 Panju mengatakan Kami TNI siap mendukung kegiatan Optimalisasi Lahan seperti yang disampaikan Pak Dirjen.

“Harapannya pelaksanaan kegiatan konstruksi OPLA berdasarkan SID yang telah kami terima. Dengan semangat yang disampaikan Pak Dirjen kami semakin yakin kegiatan konstruksi OPLA dapat diselesaikan sesuai target” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.