Panen Raya, Lamongan Berhasil Produksi Padi Hingga 425,984 Ton

oleh -4 views
sawah
Ilustrasi Tanaman Padi di Sawah - Foto : Pixabay

Panennews.com – Pemerintah Kabupaten Lamongan berhasil melakukan panen padi sesuai jadwal pada triwulan I 2024.

Adapun hal itu mulai dari proses tanam hingga panen padi dan hingga bulan April 2024 produksi padi telah mencapai 425.984 ton.

“Mulai tanam padi hingga tahap panen di Lamongan mayoritas sudah sesuai jadwal tanam, meskipun ada beberapa daerah yang tanamnya mundur karena pengaruh musim,” tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lamongan, Mohammad Wahyudi saat ditemui, Selasa (30/04/2024) di Kantor DKPP Kabupaten Lamongan.

Baca Juga :   Kementan Dorong Pemda, Optimalkan KUR Di Program Pertanian

Mengutip rilis Pemkab Lamongan, pada panen ini memiliki provitas rata-rata 7,34 ton/hektare. Hal ini menjadikan Kabupaten Lamongan jadi daerah produksi padi yang cukup lumayan besar.

“Luas panen padi di Lamongan saat ini 37.036 hektar, sedangkan sampai April diproyeksikan menjadi 58.036 hektar. Dari luasan panen tersebut menghasilkan produksi 425.984 ton,” jelas Wahyudi.

Sementara itu, Wahyudi menambahkan adapun kendala yang ditemui saat panen padi, curah hujan yang intens pada bulan April sehingga menjadikan kadar air tinggi.

Tidak hanya itu, panen padi tahun ini juga bersamaan dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 kemarin.

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Papua Barat Jadi Penghasil Sagu Terbaik

“Kendala pasti ada selain dari musim hujan juga pelaksanaan panen yang bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri. Hasil panen berupa gabah kering panen (GKP) harganya rata-rata 5.300 sampai dengan 5.900 ribu rupiah per kilonya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.