Lahan Urban Farming Di Jaksel, Jadi Upaya Atasi Stunting

oleh -26 views
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik - Foto : pixabay/marsrow

Panennews.com – Hasil panen urban farming di Taman Hatinya PKK, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan dibagikan kepada warga untuk memenuhi konsumsi makanan sehat dan bergizi.

Lurah Cilandak Barat, Ilham Prasetyo mengatakan, komoditas sayuran yang berhasil dipanen hari ini bersama jajaran kelurahan dan Tim Penggerak PKK terdiri dari dua kilogram terung dan 10 kilogram sawi hijau.

“Hasil panen kita bagikan kepada warga untuk intervensi balita terindikasi stunting,” ujarnya, Rabu (07/02/2024).

Ilham menjelaskan, urban farming dilakukan di lahan seluas 135 meter persegi oleh kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Selain sayur mayur, juga ditanam pohon produktif lainnya serta tanaman obat keluarga (Toga).

Baca Juga :   Rehabilitasi Saluran Irigasi, Cara Pemkot Semarang Bantu Petani Kekeringan

“Budi daya tanaman di sini merupakan hasil sinergisitas dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan,” terangnya.

Ilham menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemanfaatan lahan kosong atau terbengkalai di lingkungan permukiman warga menjadi lahan produktif. Sebab, selain membuat kawasan lebih indah dan tertata, pemanfaatan lahan juga sebagai bentuk upaya menjaga ketahanan pangan warga.

“Ini sudah kita berikan contoh pemanfaatan lahan yang sangat baik. Semoga warga juga mengikutinya di lingkungan mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, pengurus RT 07/10, Kelurahan Cilandak Barat, Agus merasa senang dan mendukung lahan di lingkungannya yang sudah dimanfaatkan dengan baik. Terlebih, pemanfaatan lahan tersebut memberikan kontribusi nyata untuk menjaga ketahanan pangan dan mengatasi stunting.

Baca Juga :   Tanaman Rami, Tanaman Perdu Untuk Bahan Baku Tekstil

“Sesuai arahan pemerintah setempat, kita sudah gencarkan gerakan merawat dan memanfaatkan lahan tidak terpakai. Kita ingin ciptakan lingkungan yang indah, asri, dan tentunya sehat bagi warga,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.