Jenis Penyakit Ayam Serama, Kenali Penyebab Hingga Gejalanya

oleh -16 views
Ayam Serama
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ayam serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang cukup populer sebagai hewan peliharaan. Pasalnya, jenis ayam tersebut memiliki tampilan kecil namun begitu indah jika dipandang.

Dalam memeliharanya, ayam tersebut kerap terserang berbagai penyakit. Jenis penyakit tersebut biasanya tak jarang banyak orang mengetahuinya, adapun jenis penyakit tersebut yang menyerang serama antara lain.

Radang Paru

Ayam serama sering terserang penyakit radang paru-paru. Adapun faktor penyebab serama terserang penyakit ini biasanya kandang yang kotor, sehingga bisa menimbulkan bakteri yang menghambat pada saluran pernafasannya. Gejalanya radang paru ini, biasanya menyebabkan ayam serama sesak nafas. Selain itu, gejalanya juga kerap menimbulkan gangguan saluran pernafasan pada ayam.

Baca Juga :   Ratusan Kilogram Daging Babi Ilegal Berhasil Digagalkan

Virus PIP

Penyakit PIP dapat menyerang ayam serama dengan mempengaruhi sistem pencernaan mereka. Biasanya penyakit ini kerap menyerang serama pada usia yang berkisar antara 14 minggu, adapun penyebab penyakit ini karena gangguan virus yang menebar pada bagian sistem pencernaan. Sedangkan gejala penyakit ini biasanya melibatkan susah makan dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, gejala penyakit ini juga tak luput dari serangan gangguan pencernaan hingga pernafasan ayam.

Flu

Bukan hanya manusia saja yang terserang penyakit flu, namun ayam serama juga kerap terserang penyakit ini. Penyebab dari penyakit ini biasanya adanya bakteri yang mengendap dalam tubuh, sehingga anti bodi ayam tidak mampu dalam melawan bakteri tersebut. Gejalanya, suhu tubuh ayam serama akan meningkat secara drastis. Selain itu, stres dan kehilangan nafsu makan juga menjadi gejala umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.