Jangan Dibuang, Serabut Dari Buah Kelapa Ternyata Punya Manfaat

oleh -145 views
Coconuts in retail market, Reuion Island.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Serabut kelapa merupakan salah satu bagian dari buah kelapa. Biasanya banyak dari kalangan masyarakat menganggap serabut kelapa ini sebagai limbah yang tidak bermanfaat, sehingga sebagian dari mereka tengah membuangnya.

Namun, serabut kelapa ini ternyata memiliki sederet manfaat loh yang jarang diketahui. Oleh karena itu, serabut kelapa ini jangan dibuang dan harus dimanfaatkan keberadaannya. Adapun manfaat dari serabut kelapa ini diantaranya.

Pupuk Untuk Tanaman

Serabut kelapa memiliki kandungan senyawa kalium organik yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Pasalnya, dengan senyawa tersebut menjadikan tanaman sedikit terpenuhi kandungan gizinya. Selain itu, senyawa ini juga dapat menyuburkan tanah pada media tanam karena kandungan unsur hara yang dimiliki dari serabut kelapa. Oleh sebab itu, serabut kelapa dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Baca Juga :   Mengenal Hidroton, Media Tanam dari Lempung

Menetralisir Air Dalam Kolam Ikan

Serabut dari buah kelapa bermanfaat untuk menetralisir air dalam kolam ikan, hal ini dikarena kan serabut kelapa memiliki kandungan alami yang dapat membersihkan kolam. Selain itu, serabut kelapa juga dinilai dapat menghilangkan bau yang tidak sedap pada kolam ikan, sehingga dengan begitu serabut kelapa dapat menetralisir air kolam ikan budidaya atau pun ikan hias.

Membersihkan Perabot Kotor

Bukan hanya bermanfaat bagi tanaman dan kolam ikan saja, serabut kelapa juga bermanfaat untuk mendukung pekerjaan rumah tangga yang salah satunya membersihkan perabot kotor. Pasalnya, serabut kelapa memiliki serat-serat kasar sebagai pembersih untuk menghilangkan kotoran membandel. Oleh karena itu, serabut kelapa disinyalir bermanfaat untuk mencuci piring hingga perabotan rumah tangga lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.