Cek Bapok Di Manado, Wamendag : Harga Beras Naik, Minyak Goreng Stabil

oleh -13 views
FfcHx4a1X0ShRPgwtQ44dTqvc1o7OuURO62vPpLk
Foto : Dok. Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meninjau operasi pasar beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang diselenggarakan PD Pasar Manado, Minggu (25/02/2024).

Tinjauan tersebut untuk memastikan pasokan beras tersedia di pasar dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Waroka dan Direktur Utama PD Pasar Manado Lucky Senduk.

“Operasi pasar ini penting dilakukan untuk memastikan pasokan beras tersedia dan harga beras terjangkau bagi masyarakat. Sejak November 2023, pemerintah melalui PD Pasar Manado dan Bulog menyediakan 100 paket beras SPHP kemasan 5 kg dengan harga Rp10.800/kg di Pasar Bersehati setiap hari,” ujar Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry mengungkapkan, pemerintah telah meningkatkan distribusi beras SPHP yang sebelumnya digelontorkan sebanyak 100 ribu ton per bulan menjadi 250 ribu ton per bulan sebagai upaya menekan harga beras. Harga jual beras SPHP juga harus sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yaitu maksimal Rp10.900 di tingkat konsumen.

Baca Juga :   Ketersediaan Beras di NTB Aman Hingga April 2024

Selain itu, Wamendag Jerry juga melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Bersehati, Manado. Menurutnya, harga bapok di Pasar Bersehati relatif stabil secara umum, namun beberapa komoditas mengalami fluktuasi harga.

“Harga bapok di pasar Bersehati secara umum relatif stabil. Hasil dialog dengan para pedagang, memang harga beras premium dan minyak goreng curah mengalami fluktuasi harga. Fluktuasi harga beras premium diduga karena defisit produksi beras yang terjadi pada Januari 2024. Defisit produksi beras tersebut diperkirakan akan berlanjut pada Februari 2024 ini karena mundurnya masa tanam akibat El Nino,” imbuh Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menyatakan, peningkatan distribusi beras SPHP yang dilakukan pemerintah diharapkan dapat menjadi alternatif bahan makanan pokok yang terjangkau bagi masyarakat. Beras SPHP memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan beras premium.

Baca Juga :   Harga Beras Melonjak, DPD RI : Akibat Bansos Yang Abaikan Prosedur

Wamendag Jerry menambahkan, pasokan komoditas bapok lainnya terpantau lancar. Adapun fluktuasi harga minyak goreng curah disebabkan karena meningkatnya tren harga minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil/CPO) pada awal tahun 2024.

Harga minyak goreng curah sangat elastis terhadap perubahan harga CPO. Namun, pasokan minyak goreng Minyakita dan minyak goreng kemasan premium dipastikan masih mencukupi dan harganya cenderung stabil.

Wamendag Jerry menegaskan, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah akan terus melakukan pengecekan dan pemantaun harga bapok secara rutin.

“Pemerintah juga akan terus melihat dan mendengar langsung aspirasi dan kebutuhan yang ada di pasar sebagai bentuk keberpihakan kepada pedagang dan masyarakat” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.