Budidaya Jadi Produktif, Bangka Tengah Panen Raya Ikan Lele

oleh -11 views
young walking catfish in aluminum bowl
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bertempat di Desa Trubus, Kecamatan Lubuk Besar, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan (Diperkan) dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Trubus, menggelar panen ikan lele pada Minggu (25/02/2024).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang hadir didampingi Kepala Diperkan, Imam Soehadi, merasa bangga atas pencapaian masyarakat sekitar yang telah mampu melakukan budidaya ikan tawar yang produktif.

“Alhamdulillah, kami di sini bersama dengan teman-teman Pokdakan Desa Trubus, hari ini menunjukkan sebuah usaha serius untuk mengelola budidaya ikan air tawar,” terang Bupati Bateng.

Selain itu, Ia juga berharap kegiatan serupa bisa dikembangkan dan dicontoh oleh desa-desa lain sebagai langkah untuk ketahanan pangan di Bangka Tengah.

Baca Juga :   Komoditas Ikan Tilapia Indonesia, Bisa Jadi Primadona Di Pasar Internasional

“Saya senang bisa panen ikan air tawar berjenis lele sekitar setengah ton. Bangga dan senang sekali tentunya, bisa bersama-sama dengan teman-teman Pokdakan. Hal ini patut dijadikan contoh untuk teman-teman di desa yang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, Algafry juga berkomitmen bahwa Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan akan terus memberikan perhatian terhadap perkembangan dan kemajuan perikanan.

“Kami akan terus memberikan dukungan untuk meningkatkan nilai ekonomis dari sektor perikanan. Menjadi contoh bagaimana kita bisa bersama masyarakat, melalui Pokdakan mengembangkan budidaya ikan air tawar,” tambahnya.

Baca Juga :   Ini Dia Ciri-Ciri Ikan Koi Stres Yang Wajib Diketahui

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perikanan Bateng, Imam Soehadi, saat dimintai keterangan menjelaskan ada dua jenis ikan yang dikembangkan saat ini.

“Kegiatan kali ini merupakan panen bersama Pokdakan Desa Trubus yakni memanen ikan lele. Kita juga menebar benih ikan nila sebanyak 5.000 benih,” terangnya.

Sebagai informasi, Imam berharap kegiatan ini dapat menjaga kelestarian sumber daya perikanan yang ada di Bangka Tengah dan mampu mendukung nilai ekonomi serta pemanfaatan perikanan secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.