Tingkatkan Bobot, Ini Rahasia Pakan Terbaik Untuk Kambing Jawa Randu

oleh -13 views
pexels-pixabay-144240
Foto : Pexels

Panennews.com – Kambing jawa randu kerap populer dipelihara oleh sebagian kalangan peternak. Pasalnya, jenis kambing tersebut memiliki keunggulan serta kemanfaatannya yang cenderung besar.

Jenis kambing yang merupakan persilangan antara kambing kacang dengan peranakan etawa ini cenderung meningkat bobotnya jika diberikan pakan terbaik. Adapun berikut ini lah jenis-jenis pakan terbaik dari jawa randu untuk meningkatkan bobotnya.

Rumput Hijau

Rumput hijau ini kerap populer keberadaannya dan sudah lazim digunakan untuk pakan pada berbagai jenis kambing. Lebih pentingnya, rumput hijau ini mengandung senyawa nutrisi yang dimulai dari karbohidrat, serat, hingga vitamin. Manfaat dari rumput hijau ini biasanya dapat meningkatkan bobot dan sumber energi bagi kambing. Terlebih, bagi jenis kambing jawa randu ini.

Baca Juga :   3 Fakta Menarik Karakal, Si Kucing Imut Yang Menggemaskan

Jerami

Pakan yang berasal dari daun ini merupakan salah satu jenis pakan kering yang sangat cocok untuk diaplikasikan kepada kambing jawa randu. Pasalnya, jerami ini mengandung lebih dari 18 persen serat yang baik dalam mendukung pertumbuhannya. Selain itu, jerami juga kaya akan kandungan karbohidrat maupun lemak baik. Biasanya kedua kandungan ini disinyalir dapat mendukung kambing jawa randu untuk meningkatkan bobotnya.

Dedak Padi

Pakan ini termasuk ke dalam jenis pakan konsentrat yang cocok untuk dijadikan opsi sebagai pakan jawa randu. Dedak padi merupakan sumber energi bagi kambing, karena kandungannya seperti protein serta karbohidrat yang bermanfaat untuk meningkatkan bobot kambing. Selain itu, dedak padi juga mengandung berbagai senyawa nutrisi hingga mineral yang dapat mendukung produktivitas kambing jawa randu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.