Sejumlah Pasar Di Kabupaten Pasuruan, Digelontorkan Beras SPHP

oleh -18 views
ilustrasi beras
Ilustrasi Beras - Foto : Dok. Istock

Panennews.com – Pada operasi pasar yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersama Bulog (Badan Urusan Logistik), Kamis (18/01/2024).

Sebanyak 14 pasar daerah di Kabupaten Pasuruan mendapat alokasi 4-6 ton beras SPHP (Stabilisasi dan Pasokan Harga Pangan).

Guna memastikan kelancaran distribusi beras berjalan lancar, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto turun langsung untuk mengecek jumlah dan harga beras yang diperjualbelikan ke masyarakat.

Dalam operasi pasar ini, setiap pedagang boleh membeli beras dengan jumlah berapapun. Hanya saja, setiap pedagang diminta untuk tidak menjual beras di atas HET (harga eceran tertinggi), yakni Rp 54.500 per 5 kilogram.

“Kami tekankan di sini bahwa tidak ada jumlah maksimal yang boleh dibeli oleh pedagang. Tapi yang pasti kami minta untuk jangan menjualnya di atas HET yang sudah ditetapkan,” katanya.

Baca Juga :   Ciptakan Pertanian Maju, Komisi XI Dukung Program Petani Milenial

Operasi Pasar menurut Andri menjadi salah satu cara pemerintah untuk menstabilkan harga beras yang fluktuatif. Lantaran ada selisih harga yang cukup banyak bila dibanding dengan harga beras premium pada umumnya.

Selain itu, Andriyanto juga berharap kepada masyarakat untuk tidak khawatir akan pasokan beras SPHP. Sebab apabila stok beras dalam operasi pasar habis, maka Bulog kembali akan menyediakannya.

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Malang, Siane Dwi Agustina menegaskan bahwa untuk bulan Januari 2024 Bulog menyediakan total 156 ton beras SPHP dalam operasi pasar di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Wapres Ungkap Langkah Pemerintah Kendalikan Harga Beras

Lebih lanjut, Beras yang bisa dibeli oleh masyarakat umum maupun para pedagang dapat diakses di semua pasar daerah di Kabupaten Pasuruan, dan jadwal pelaksanaannya telah ditentukan oleh Disperindag Kabupaten Pasuruan.

Lebih jauh, Agustina menyampaikan bahwa dari Bulog menjual beras SPHP ke pedagang dengan harga Rp 51.000. Kalau pedagang ke masyarakat silahkan dijual berapapun asalkan tidak di atas HET. Operasi pasar hari ini digelar di Pasar Warungdowo, Gondangwetan dan Pasrepan.

Adapun M.Fatkhurrozi, salah satu pedagang mengaku membeli 10 kwintal beras SPHP, lantaran banyak pembeli yang mencari beras karena harganya terjangkau dan kualitasnya lumayan bagus. Berasnya putih, butirannya juga tidak banyak yang pecah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.