Program SFV, Sukses Tingkatkan PNPB 151 Persen Di Sektor Perikanan

oleh -19 views
Pemanfaatan Aset jadi Kunci Sukses Raihan Maksimal PNBP pada SFV Budidaya Laut Gondol 4
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil mengoptimalkan Smart Fisheries Village (SFV) di Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP), Gondol.

Sebagai salah satu sentra budidaya laut sehingga mampu mendongkrak Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai 151,71 persen dari target di tahun 2023.

Dalam pelaksanaanya, SFV Budidaya Laut BBRBLPP yang merupakan UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM KP), memiliki fokus pada pengembangan budidaya laut khususnya komoditas kakap putih, bandeng, kerapu, kepiting dan rajungan serta udang vaname.

Kepala BPPSDM I Nyoman Radiarta menekankan bahwa esensi dari SFV UPT adalah optimalisasi aset yang berujung pada PNBP serta menjadikannya sebagai model/showcase usaha budidaya laut yang dapat diadopsi oleh masyarakat.

“Salah satu objek PNBP yaitu pengelolaan aset atau Barang Milik Negara (BMN). Aset negara tersebut mempunyai peranan langsung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merupakan output dari pertumbuhan ekonomi,” tegas Nyoman, Jumat (12/01/2024).

Baca Juga :   Setelah Libur Lebaran, KKP Ajak Masyarakat Perbatasan Bangga Makan Ikan

Pada Ekspose SFV Budidaya Laut disampaikan bahwa capaian PNBP tahun 2023 sebesar Rp788.896.900 atau sebesar 151,71 persen dari target PNBP tahun 2023.

Capaian PNBP tahun 2023 tersebut juga menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2022 PNBP SFV Budidaya Laut berada di angka Rp442.540.928.

PNBP tersebut didapat dari optimalisasi aset, di mana saat ini SFV Budidaya Laut BBRBLPP Gondol memiliki aset yang tersebar di 3 lokasi yaitu di Desa Penyabangan, Desa Sumberkima, dan Desa Pejarakan.

Selain itu, SFV Budidaya Laut juga telah berhasil memproduksi pakan alami. Produksi pakan alami dilakukan dengan mengoptimalkan sarana prasarana diantaranya bangunan laboratorium, serta bak – bak baik yang berupa bak beton maupun fiberglas.

Baca Juga :   Targetkan 2 Juta Ton, Tambak Udang Libatkan Tenaga Kerja Lokal

Dalam usaha budidaya ikan laut, perbenihan juga merupakan salah satu segmen usaha yang ditujukan untuk menghasilkan benih yang siap jual atau dilanjutkan pemeliharaannya dalam segmen usaha pendederan. Pada kegiatan SFV UPT Budidaya laut tahun 2023.

“Perbenihan yang dilakukan adalah perbenihan ikan kerapu cantang, ikan kakap putih, serta kepiting dan rajungan. Di mana perbenihan ikan kakap memperoleh PNBP sebesar Rp23.449.600 dan perbenihan ikan kerapu mencapai Rp107.100.000. Selain untuk PNBP sebagian hasil produksi SFV berupa benih juga diberikan ke kelompok pelaku usaha dan mitra kegiatan SFV sebagai CSR” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.