Pesanan Bibit Nila Kekar Asal Malang, Tembus Hingga Mancanegara

oleh -92 views
KKP Dorong Sistem Bioflok Sebagai Solusi Budidaya Ikan Nila di Musim Kemarau 1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Konsistensi petani ikan Nila Kekar di Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang untuk menyediakan bibit ikan berkualitas berbuah manis.

Karena saat ini pesanan bibit yang datang tak hanya skala lokal saja tetapi sampai mancanegara. Ikan Nila Kekar ini adalah salah satu ikan jenis unggul dan memiliki beragam keunggulan.

Pemilik usaha budi daya Ikan Nila Kekar, Riske Anton membenarkan saat ini pesanan bibit Ikan Nila Kekar ke tempatnya terus mengalir.

“Tidak hanya dari berbagai daerah di Indonesia saja, namun terakhir pihaknya juga melayani pesanan dari Arab Saudi. Permintaan dari Arab Saudi awalnya sebanyak 75.000 ekor/bulan. Karena kualitas bibit kami bagus, akhirnya tiap bulan permintaan meningkat menjadi tiga juta bibit setiap bulannya,” jelas Riske, Kamis (25/01/2024).

Baca Juga :   Agar Tidak Mudah Mati, Begini Tips Memilih Ikan Cupang Peliharaan

Begitu banyaknya pesanan yang masuk, Riske mengungkapkan pihaknya tengah mengembangkan usahanya agar dapat memproduksi bibit Ikan Nila Kekar dengan skala produksi lebih besar.

“Di Kota Malang sudah susah untuk mendapatkan lahan dengan harga murah, akhirnya untuk pengembangan lahan kami memilih investasi di Desa Jambuwer Kabupaten Malang,” cerita Riske.

Dikatakan Riske, Ikan Nila Kekar ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya memiliki ketahanan hidup yang bagus, pertumbuhan yang cepat, berdaging tebal, dan rasanya yang lezat.

“Bibit nila yang kami kirim ke Arab Saudi terbukti bagus. Sebab itulah saat ini Arab Saudi berani pesan ke kami dalam jumlah yang besar setiap bulan,” urai Riske.

Baca Juga :   Wapres Hadiri Panen Raya 249 Ton Udang Di BUBK Kebumen

Riske pun awalnya tak menyangka usaha yang baru empat tahun digelutinya ini sudah berkembang. Apalagi saat ini bibit Ikan Nila Kekar yang diproduksinya selalu habis terjual.

“Bibit kami baru berukuran satu-dua sentimeter saja sudah habis dibeli pelanggan,” kata Riske.

Selain didukung keunggulan genetik, jenis Ikan Nila Kekar memang dikenal bagus untuk dikembangkan dimanapun.

Demikian juga di Kota Malang yang memiliki hawa yang dingin membuat benih ikan ini juga sangat baik untuk dikembangkan dan dibudidayakan di tempat lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.