Begibung Makan Ikan, Cara NTB Atasi Stunting

oleh -19 views
WhatsApp Image 2023-12-12 at 13.41.01
Foto : Begibung makan ikan bersama cara NTB atasi stunting.(Panennews.com/H Wardi)

Panennews.com – Begibung Makan Ikan untuk Generasi Emas dalam rangka HUT NTB ke-65, bertajuk “Tumbuh Bersama eFishery untuk NTB Maju Melaju”, dibuka oleh Asisten ll Setda NTB, Drs. Fathul Gani, M. Si., di Halaman Kantor Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah, Senin (11/12/2023).

Asisten ll Setda NTB Fathul Gani, menyampaikan terimakasih kepada eFishery dan jajarannya dalam meningkatkan masyarakat NTB untuk gemar makan ikan. Sehingga memiliki dampak yang luar biasa dalam menuntaskan angka stunting di Desa Aik Berik.

“Kehadiran eFishery dan jajaran menjadi pemicu untuk bukan saja di Desa Aik Berik tetapi harus menjalar ke desa-desa lain di NTB,” ungkapnya.

Ditambahkan Fathul Gani, pemerintah akan terus mendukung apa yang menjadi program eFishery dan PKK. “Kami di Pemerintah Provinsi maupun kabupaten akan tetap mendukung dan mensupport apapun yang menjadi kegiatan kedepannya”, tutupnya.

Baca Juga :   Perluas Gemarikan, KKP Bagikan 5 Ton Ikan Layang Ke Ribuan Santri

Pj Ketua PKK NTB, Hj. Lale Prayitna yang juga sebagai ketua Porikan NTB menyampaikan kegiatan ini merupakan inisiasi PKK NTB dengan eFishery dalam rangkaian memperingati HUT NTB yang ke-65. Sehingga lokasi dipilih di Desa Aik Berik sebagai desa binaan PKK NTB.

Ditambahkan Bunda Lale sapaan akrab Pj Ketua PKK NTB, di Desa Aik Berik masih ada 28 anak berat dan tinggi badannya belum berkembang.

“Kami dengan eFishery ini akan mengkombinasikan telur dan ikan untuk mempercepat perkembangan anak-anak yang masih stunting,” ungkapnya.

Selain itu, kata Bunda Lale jika hal ini bisa berhasil maka ini menjadi masukan untuk seluruh wilayah yang masih angka stuntingnya.

Oleh karena itu, Bunda Lale mengajak kepada masyarakat khususnya para ibu-ibu untuk bersama-sama untuk memberikan kepada anak-anak mengkonsumsi ikan karena di Lombok tengah angka konsumsi ikan masih 36 persen.

Baca Juga :   Ternyata Ini Pakan Terbaik Dan Berkualitas Untuk Ikan Hias Zebra

Sementara itu, Kepala eFishery Khairul menyampaikan kegiatan gemar makan ikan ini sangat relevan dengan NTB Maju Melaju yang dimaknai dengan antar generasi dan keberlanjutan dari apa yang telah diberikan oleh generasi sebelumnya.

“Jadi gemar makan ikan ini sangat relevan untuk menciptakan generasi selanjutnya menjadi lebih cerdas, sehat yang dimulai hari ini,” ungkapnya.

Dijelaskan secara umum eFishery adalah sebuah perusahaan rintisan bersama para pembudidaya dalam meningkatkan hasil panen melalui adopsi teknologi. Dimana di NTB sudah memiliki 1.200 kolam ikan.

“Jadi kalau berbicara suplai ikan cukup tersedia, hanya saja bagaimana ibu-ibu bisa konsisten menggalakkan untuk gemar makan ikan dalam kesehariannya,” ungkapnya.

Selanjutnya penandatanganan kerjasama PKK NTB dengan eFishery terkait intervensi pemberian makanan tambahan pemulihan bagi anak stunting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.